Pilkada SBT, Paslon Nina Ramah Siap Terjunkan 576 Relawan Kawal Verfak

Pilkada Serentak 2020
Pilkada Serentak 2020

BERITABETA.COM, Bula – Memasuki tahapan verifikasi faktual (Verfak) bakal calon perseorangan di Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 2020, paslon Rohani Vanath – Ramli Mahu (Nina Ramah) memastikan akan menerjunkan sebanyak 576 tim relawan ke sejumlah kecamatan.

Kepastian ini disampaikan Ketua Tim Sukses Paslon Nina Ramah, Teddy Mochsal melalui rilisnya yang diterima beritabeta.com, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, selain ratusan relawan yang telah disiapkan dalam proses Verfak ini,  terdapat juga 1.560 anggota tim pemantau yang disiapkan di sejumlah desa yang tersebar di kecamatan-kecamatan tersebut.

Mereka yang terlibat memantau proses Verfak ini merupakan anggota dari  sejumlah kelompok seperti,  Garda Muda Nina-Ramah, Teman Juang Nina-Ramah, Barisan Militan Nina-Ramah, Pemuda Seniman Nina-Ramah, Barisan Pecinta Nina-Ramah, Persatuan Ibu-ibu Nina-Ramah dan  Kelompok Pergerakan Pemudi Nina-Ramah.

“Jadi dalam agenda Verfak yang ditetapkan tanggal 24 Juni – 12 Juli 2020, Insya Allah semua kesiapan sudah kami lakukan, untuk mengawal seluruh prosesnya hingga penetapan pasangan calon,” tandas Teddy.

Teddy juga memastikan, dalam proses Verfak nanti, semua anggota tim akan dibekali dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) sesuai protap kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kita sudah gelar rapat dan hasilnya sudah kita sampaikan ke seluruh tim baik dari tingkat kecematan hingga ke desa agar dalam proses ini, semua dapat menggunakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Terkait proses pemantauan yang dilakukan, Teddy memastikan,  tim yang akan diterjunkan dimaksudkan untuk memantau proses Verfak bahkan pergerakan dari oknum/kelompok yang sengaja menggagalkan proses dalam Verfak nanti.

Sementara untuk menuju ke tahapan Verfak ini, sebelumnya KPU Kabupaten SBT telah mengeluarkan berita acara dengan Nomor : 55/PL. 02.2-BA/8105/KPU-Kab/VI/2020  yang menetapkan paslon Nina Ramah lolos dalam proses verifikasi adminitrasi dengan mengantongi jumlah dukungan sah sebesar 11.531 dukungan.

BACA JUGA:  Quick Count PSU Pilkada Malut, Paslon AGK-YA ungguli AHM-Rivai

Jumlah ini berkurang setelah terkoreksi sebanyak 1.829 dukungan yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS) dari jumlah awal yang disetor ke KPU sebanyak 15.360 dukungan.

Dengan jumlah dukungan yang tersisa, maka Paslon Nina Ramah dinyatakan lolos ke tahap Verfak, karena sudah memenuhi jumlah dukungan 10 persen dari jumlah pemilih di Kabupaten SBT yang berkisar di angka 10.200 dukungan.

Dengan demikian, dukungan dari Nina Ramah masih malampaui syarat yang ditetapkan karena terpaut sekitar 1.300 lebih jumlah dukungan.

Terkait jumlah dukungan tambahan, Teddy juga mengaku optimis pasangan yang diperjuangkan akan lolos ke tahap berikutnya, karena sampai saat ini di sejumlah posko pemenangan masih saja mengalir dukungan KTP yang disiapkan untuk menutupi kekurangan bila jumlah dukungan yang ada berkurang di bawah angka 10 persen.

“Intinya jumlah dukungan tambahan terus mengalir, dan kami kira sudah lebih dari cukup bila dukungan yang ada terkoreksi di masa Verfak, kami siap menutupinya,” terang Teddy (BB-DIO)  

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire