Saadiah Serahkan Bantuan Ratusan PJU Tenaga Surya ke Maluku

Anggota Komisi VII DPR RI, Saadiah Uluputy ST menyerahkan bantuan ratusan unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya secara simbolis pada puncak kegiatan “Met Ef Tahayad” (Meti Kei Tayando) di kota Tual, Kamis (22/10/2020)

BERITABETA.COM, Tual – Anggota Komisi VII DPR RI, Saadiah Uluputy ST menyerahkan bantuan ratusan unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya di Provinsi Maluku.

Sejumlah 300 unit PJU Tenaga Surya yang diadvokasi pihaknya, tersebar di  5 kabupaten sesuai proposal yang diterima saat kunjungan reses.

“Bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya sebanyak 300 unit tersebar di Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Kota Tual dan Maluku Tenggara. Masing – masing kabupaten/kota mendapatkan alokasi sebanyak 50 unit. Advokasi PJU Tenaga Surya sesuai dengan usulan saat reses,” kata Saadiah dalam keterangan persnya yang diterima beritabeta.com, Sabtu (24/10/2020).

Ratusan unit PJU Tenaga Surya ini telah dilakukan penyerahan pada puncak kegiatan “Met Ef Tahayad” (Meti Kei Tayando) di kota Tual, Kamis 22 Oktober 2020.

Menurut  Saadiah, penyaluran bantuan iuni dimaksudkan untuk  membantu Pemerintah Daerah dalam rangka pemenuhan dan pemerataan akses energy. Selain itu, ketersediaan PJU – TS mampu untuk mendukung pariwisata dan menerangi sarana – prasarana umum.

“Harapannya keberadaan fasilitas lampu jalan ini akan mampu menunjang sarana pendukung pariwisata, menerangi sarana prasarana  umum dan mengurangi potensi kerawanan sosial,” tandas Anggota Fraksi asal Provinsi Maluku ini.

Saadiah merinci, PJU-TS merupakan salah satu inovasi yang dilakukan dengan mengganti PJU yang mulanya menggunakan energi listrik diganti dengan energi matahari sebagai sumber energi untuk penerangan.

Setiap panel PJU-TS terdiri dari komponen panel surya, beterai, solar charger controller, tiang dan bracket, lampu LED dan armature, kabel dan aksesoris, serta instalasi dan pondasi.

“Program PJU-TS mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) melalui tenaga surya. Tidak menggunakan pembangkit listrik. Cahaya lampu dihasilkan dari energi matahari”, imbuhnya.

BACA JUGA:  NasDem Kian Optimistis Hadapi Pemilu 2019

Dengan daerah sasar yang menjangkau pelosok pedesaan di Maluku, program PJU-TS ikut mendorong pemenuhan akses listrik terutama penerangan umum bagi masyarakat.

“Pelosok pedesaan banyak yang belum memiliki akses listrik memadai. Dengan pemasangan PJU tenaga surya, pelosok desa dapat merasakan fasilitas penerangan”, kata Saadiah (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire