BERITABETA.COM, Bula –Pasangan bakal calon di Pilkada Seram Bagian Timur (SBT) yang memilih jalur perseorangan Rohani Vanath – Muhammad Ramli Mahu (Nina Ramah) berpeluang besar untuk lolos sebagai kontestan di Pilkada Serentak yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Kepastian ini menyusul lolosnya paslon Nina Ramah pada proses verifikasi faktual (Verfak) tahap pertama yang ditetapkan oleh KPU SBT, Selasa malam (21/7/2020) dengan jumlah dukungan memenuhi syarat sebanyak 8.026.

KPU setempat, memberikan waktu perbaikan kepada pasangan Nina Ramah untuk memenuhi sisa dukungan sebanyak 2.186 pada tahap kedua. Sesuai kententuan kuota 10 persen dukungan dari jumlah DPT yang ditetantukan dalam Undang-Undang No. 8 tahun 2015, dan UU No. 10 tahun 2016.

Terkait hal ini, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Nina Ramah, Teddy Mochsal yang dikonfirmasi beritabeta.com, Rabu (22/7/2020) mengatakan optimisnya terhadap proses yang sementara dilakukan pihaknya.

“Keputusan KPU semalam dalam pleno telah menjadi sebuah kekuatan bagi kami untuk tetap giat dan fokus pada proses berikutnya. Setidaknya Nina Ramah hanya tinggal menyelesaikan satu tahapan lagi untuk masuk ke arena Pilkada Desember 2020 mendatang,” tandas Teddy.

Teddy mengatakan, terkait sisa dukungan yang harus dilengkapi pada tahap kedua sebanyak 4 ribu dukungan lebih, yang merupakan ketentuan 2 kali lipat dari jumlah dukungan yang terkoreksi, tidak lagi menjadi masalah bagi paslon Nina Ramah. Sebab, kata dia, kesiapan tim terkait dukungan tambahan ini sudah dilakukan jauh-jauh hari.

“Jadi tinggal menunggu waktunya kita masukkan lagi untuk diproses di tahap kedua. Untuk jumlah dukungan sesuai ketentuan itu sudah bukan masalah lagi. Skarang kita hanya menunggu prosesnya,” terangnya.

Ditambahkan, jumlah dukungan tambahan yang sudah disiapkan paslon Nina Ramah kini mencapai 21 ribu dukungan KTP. Jumlah ini kemungkinan basih terus bertambah, menyusul hingga saat ini antusias masayarakat kepada Nina Ramah begitu tinggi dengan terus memberikan KTP sebagai dukungan kepada pasangan ini.

Dengan terbukannya peluang lolosnya paslon di jalur persorangan ini, maka dipastikan Pilkada SBT Desember 2020 mendatang bakal diramaikan tiga paslon masing-masing paslon FAHAM (Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian) yang sudah memenuhi dukungan sejumlah parpol dan paslon incumbent (Mukti Keliobas) yang sementara ini juga berproses merebut tiket parpol menuju Pilkada mendatang (BB-DIO)