Separuh Kursi DPRD Maluku Diisi Wajah Baru, Siapa Mereka?

Separuh Kursi DPRD Maluku Diisi Wajah Baru, Siapa Mereka?
Sederet politisi muda dan wajah baru yang berhasil lolos menduduki kursi di DPRD Provinsi Maluku hasil Pileg 2019. (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM- Ambon, – Hampir dipastikan separuh dari kuota kursi DPRD Maluku diisi oleh politisi muda dan wajah baru yang berhasil lolos dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu. Siapa mereka?

Beritabeta.com berhasil menghimpun sejumlah informasi dari hasil penetapan KPU di beberapa kabupaten yang menyebutkan separuh kursi di DPRD Maluku, mulai September 2019 mendatang akan diduduki oleh politisi wajah baru. Sedangkan sejumlah caleg incumbent juga tumbang dari arena pileg 2019.

Data yang berhasil dihimpun, untuk daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) berdasarkan penetapan KPU setempat, ada sekitar lima wajah baru, yakni Irawadi (Partai Nasdem) menggantikan posisi Abdullah Marasabessy, Andi Munaswir (Partai Gerindra) menggantikan posisi Luthfi Sanaky, Abdullah Asis Sangkala (PKS) menggantikan Saadiah Uluputty, Wahid Laitupa (PAN) mengganti Ramly Mahulette, dan Ruslan Hurasan (PKB) menggantikan Habiba Pelu.

Di dapil Malteng beberapa incumbent masih lolos. Mereka masing-masing, Edwin Adrian Huwae (PDIP), Wellem Zefah Wattimena (Partai Demokrat), Rasyid Effendy Latuconsina (Partai Golkar), Julius Pattipeiluhu (Partai Hanura), dan Usama Namakule (Partai Perindo).

Sementara Dapil Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Tanimbar, terdapat dua wajah baru yaitu, Hengky Pelatta (Partai Hanura), dan Tarce Fatlolon (Partai Nasdem) menggantikan Semmy Letekay. Sedangkan wajah lama adalah, Anos Yeremias (Partai Golkar), Francois Orno (PDIP), dan Melkianus Sairdekut (Partai Gerindra).

Untuk dapil Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) juga ada dua wajah baru masing-masing, Iqbal Payapo (Partai Hanura) menggantikan Christian Leihitu yang tidak maju dalam pencalegkan, dan Hatta Hehanussa (Partai Gerindra). Sementara wajah lama yakni, Asri Arman (Partai Demokrat), Samson Atapary (PDIP) dan Turaya Samal (PKS).

Untuk dapil Kota Ambon, ada sekitar 4 wajah baru yaitu, Rovik Akbar Affifudin (PPP) menggantikan Kutny Tuhepaly, Rostina (PKS) menggantikan Said Mudzakir Assagaff, Jantje Wenno (Partai Perindo) sementara kursi terakhir masih direbut oleh dua parpol masing PKB dan Partai Nasdem.

Sedangkan wajah lama yakni, Richard Rahakbauw (Partai Golkar), Lucky Wattimury (PDIP), Robby Gasperzs (Partai Gerindra), Elviana Pattiasina (Partai Demokrat), dan Ayu Hindun Hasanussy (Partai Berkarya).

Untuk Dapil Kabupaten Buru, juga terdapat wajah baru mereka adalah Azis Hentihu (PPP), Gadis Umasugi (Partai Golkar) dan Arny Hasanna Soulisa (PDIP) mengantikan Hj. Safitri Malik Soulisa yang memilih bertarung sebagai caleg DPR RI. Sedangkan dua kursi tersisa masih diisi caleg incumbent dari PKB Ikram Umasugi dan Murniyati Soleman Hentihu (Partai Golkar). Di Dapil ini Partai Golkar berhasil mengirim dua wakilnya.   

Sementara 2  dapil lainnya, yakni; Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru dan  Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) belum diketahui. Namun berdasarkan informasi yang didapatkan, untuk dapil Kabupaten SBT seluruhnya wajah baru. (BB-DIO)

Close Menu