BERITABETA.COM, Ambon – Tim Seleksi (Timsel) Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku memastikan proses seleksi calon  Anggota KPU Provinsi Maluku yang kini dilangsung, bebas dari semua tindakan negatif, termasuk nepotisme.

Hal ini dibuktikan dengan pengumuman tes psikologi yang berlansung pada Jumat, 1 Maret 2019 pekan lalu yang baru diumumkan hasilnya, Selasa (5/3/2019)

Ketua Timsel, Amir Kotarumalos kepada wartawan menjelaskan, penguman hasil seleksi  yang baru saja disampaikan telah tertuang dalam  surat pengumuman bernomor : 16/PU/81/Timsel-Prov/III/2019 tentang hasil tes psikologi seleksi calon anggota KPU Provinsi Maluku periode 2019-2024 yang menetapkan empat nama calon yang siap untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

Tes psikologi calon anggota KPU itu dilakukan oleh pihak ketiga, yakni tim assesment psikologi dari Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

“Dari hasil tersebut, kini telah ditetapkan empat nama, yakni Abdul Khalil Tianotak, Hanafi Renwarin, Rommi Imelda Rumambi, dan juga Syamsul Rifan Kubangun,” kata Rumalos di Manise Hotel Ambon, Rabu (6/3/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan tes psikologi tim assesment psikologi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

“Untuk waktu dan tempat pelaksanaan tes kesehatan dan wawancara nanti akan diinformasikan kemudian, “ katanya.

Meski demikian, kata Amir, pihaknya  masih membuka ruang bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan masukan dan tanggapan secara tertulis terhadap nama-nama calon anggota KPU Provinsi Maluku Periode 2019 hingga 2024 yang telah dinyatakan lolos.

“Kita membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan disertai dengan identitas diri yang jelas,” tuturnya.

Senada dengan Amir, anggota Timsel  Stevin Melay menambahkan, ada tujuh calon anggota KPU yang akan ikut tahapan seleksi berikut, yakni empat nama yang baru ditetapkan lolos ditambah dengan tiga nama lainnya yang telah lolos pada seleksi sebelumnya.

“Tiga nama yang telah lolos sebelumnya itu yakni, Almudatsir Zein Sangadji, La Alwi, dan juga Engilbertus Dumatubun. Tiga nama itu akan bersama empat nama yang baru lolos akan ikut dalam tes kesehatan dan wawancara,” tutur Stevin.

Dia memastikan, tim seleksi akan terus menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas sebagaimana tanggungjawab dan sumpah untuk melaksanakan amanah tersebut. Karena bagi dia, proses tersebut merupakan bagian dari tahapan demokrasi.

“Perlu kami tegaskan kembali bahwa seleksi yang dilaksanakan saat ini tetap dalam asas netralitas dan juga menghindari hal-hal yang berbau nepotisme yang bisa merusak proses ini (BB-DIAN)