2.098 Nakes di Maluku Tengah Siap Jalani Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi : Vaksinasi Covis-19

BERITABETA.COM, Masohi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah memastikan telah siap menjalankan program vaksinasi Covid-19 secara serentak di tahap pertama. Dinas Kesehatan setempat menyampaikan terdapat sebanyak 2.098 tenaga kesehatan (nakes) yang siap menjadi penerima vaksin.

“Sebanyak 2,098 tenaga kesehatan sudah dipersiapkan sebagai sasaran penerima vaksin tahap pertama,” kata  Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah dr. Jenny Adhijaya kepada beritabeta.com via WhatsApp, Rabu (13/01/2021).

Jenny mengatakan, sejumlah fasilitas kesehatan telah disiapkan sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi yang meliputi seluruh rumah sakit, Puskesmas termasuk pusat-pusat kesehatan milik TNI/POLRI di Maluku Tengah. Termasuk fasilitas penyimpanan vaksin juga sudah sesuai standar yang ditetapkan.

“Fasilitas penyimpanan vaksin juga sudah sesuai standar dimana sudah disiapkan rantai pendingin oleh dinas dan tempat penyimpanan sesuai standar suhu 2-8 derajat celcius,”jelas Adhijaya.

Dinas Kesehatan, kata Kadis Kesehatan,  juga sudah menyiapkan petugas kesehatan yang akan bertugas sebagai vaksinator kepada penerima vaksin. Para petugas ini ini sudah mengikuti pelatihan dan simulasi pemberian vaksin.

Selain itu, nantinya juga akan dilakukan simulasi yang mengambarkan prosedur vaksinasi, mulai dari masuk, mendaftar, menyerahkan kartu, pelaksanaan vaksin sampai pada setelah vaksin.

Ia menambahkan, setelah para nakes, kelompok penerima vaksin selanjutnya adalah sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam surat keputusan Ketua Satuan Gugus Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku.

“Jika ada masyarakat yang menolak untuk divaksin, maka langkah awal yang dilakukan adalah melakukan KIE yaitu Komunikasi, Informasi dan Edukasi,” terang dr. Jenny.

Sebelumnya Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku melalui suratnya bernomor 027/STP-PROMAL/1/2021, telah mengumumkan program vaksinasi di Maluku akan digelar pada tanggal 15 Januari 2021.

Untuk itu, lewat surat ini Satgas Penanganan Covid-19 meminta agar pemerintah kabupaten/kota se- Maluku untuk menyiapkan seluruh kesiapan terkait program vaksinasi tersebut. Salah satu poinnya melaporkan kesiapan dan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 kepada Gubernur Maluku (BB-ES)

BACA JUGA:  Hasil Tracing, 1 Warga Desa Waekase Rapid Test Positif

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire