BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 349 orang dari 394 putera daerah asal Provisni Maluku dan Maluku Utara (Malut) dinyatakan lulus dalam seleksi Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) dan memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan.

Keputusan ini ditetapkan dalam Sidang Pemilihan Tingkat Pusat Penerimaan Cata PK TNI AD Gel II TA.2020 Sub Panda Ambon Kodam XVI/Pattimura yang diketuai langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman.

Ratusan siswa ini dinyatakan lulus kegiatan sidang pantokhir yang dilaksanakan di Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kec Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (19/11/2020).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman dalam kesempatan itu membacakan sambutan Aspers Kasad Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A. yang mengatakan pelaksanaan kegiatan penerimaan Cata PK TNI AD Gelombang II TA.2020 ini cukup berat dan memiliki resiko yang tinggi terhadap kemungkinan penyebaran dan penularan Virus Corona (Covid 19).

Dikatakan, sebagai insan prajurit  menyadari bahwa kegiatan ini merupakan salah satu begian tugas pokok yang harus dilaksanakan dalam rangka menyiapkan komponen kekuatan pertahanan sehingga TNI AD senantiasa siap operasional guna menghadapi segala kemungkinan perkembangan situasi.

“Saya selaku ketua panitia pusat, sangat berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga calon Tamtama yang terpilih adalah benar-benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan,” harap Aspres Kasad dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam.

Diakhir sambutannya, Aspers Kasad memberikan beberapa penekanan diantaranya, laksanakan sidang pantukhir secara efektif, laksanakan pemilihan dengan teliti dan cermat sehingga calon yang terpilih adalah benar-benar berkualitas dan memenuhi syarat.

Kemudian, berikan penjelasan kepada calon yang tidak lulus dengan baik sebagai bahan evaluasi yang bersangkutan dan berikan penekanan kepada calon yang lulus untuk menjaga kesehatan sampai dengan pelaksanaan pembukaan pendidikan (BB-YP)