BERITABETA.COM –  Ambon – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, melalui Dinas Sosial  memastikan sebanyak 99 ribu kepala keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 11 kabupaten/kota se – Provinsi Maluku, telah siap untuk menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

“Hasil verifikasi data penerima di 11 kabupaten/kota  sudah dilakukan dan keluarga yang akan menerima bantuan PKH mencapai 99 Ribu KK. Dan awal  April bantuan  akan disalurkan,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning kepada wartawan di Ambon, Sabtu (23/3/2019) .

Menurut Sartono, pihaknya menargetkan mulai tanggal 1 April 2019, penyaluran bantuan PKH  tahap dua sudah akan dijalankan. “Kita akan menerjunkan para pendamping dalam proses penyaluran nanti. Agar penyaluran bantuan ini tepat sasaran bagi keluarga penerima,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning

Dia mengatakan, program PKH, merupakan program  pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan. Untuk itu, lanjutnya, para KPM dapat bersungguh-sungguh memanfaatkan PKH sebagai kesempatan untuk terus memperbaiki hidup agar kelak keluarga menjadi sejahtera dan mandiri.

Upaya mendorong kemandirian dan kesejahteraan di kalangan keluarga penerima PKH akan dilakukan melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Family Development Session (FDS).

Pemerintah, tambah dia, secara nasional telah menargetkan 8% dari total KPM peserta PKH akan tergraduasi  pada tahun 2019. “Dari total jumlah peserta sebanyak 10 juta keluarga, ditargetkan 800 ribu keluarga akan terentas,” jelasnya.

Sementara itu , pada tahun 2018, ada 600 ribu peserta PKH di seluruh wilayah Indonesia yang mengalami graduasi. Peningkatan jumlah graduasi mandiri peserta PKH, seiring dengan tekad pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan hingga di bawah 9,5 %. (BB-DIAN)