Bahas Corona, Bupati Malteng Pastikan Wilayahnya Masih Aman

Bupati Malteng Tuasikal Abua bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh OPD lingkup Pemkab Malteng menggelar rapat bersama membahas wabah virus corona di Kantor Bupati Malteng, Sabtu (21/03/2020). (FOTO: BERITABETA.COM/FANDI AHMAD)

BERITABETA.COM, Masohi – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua, memastikan hingga saat ini kabupaten yang dipimpinnya masih aman dari kemungkinan ancaman wabah virus corona.

Berdasarkan data per tanggal 21 Marat 2020 dari Dinas Kesehatan Kabupaten  Malteng disebutkan,  belum ada status Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait  Virus Corona Disease (COVID-19).

“Tentunya kita semua berharap kondisi ini harus dipertahankan sehingga seluruh masyarakat Malteng terhindar dari wabah COVID-19,” kata Bupati Malteng dalam arahnya saat menggelar rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh OPD lingkup Pemkab Malteng di Kantor Bupati Malteng, Sabtu (21/03/2020).

Rapat bersama ini, digelar untuk membahas dan mengevaluasi langkah-langkah penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus corona, sekaligus menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat diantaranya Instruksi Presiden RI, dan beberapa Surat Edaran Kementrian.

Istruksi dan edaran dimaksud,  terkait upaya-upaya Pemda dalam menangani dan mencegah penyebaran Virus Corona di daerah dengan mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona di Kabupaten Malteng.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Malteng, telah melakukan berbagai langkah-langkah cepat dan strategis dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19,” ungkap bupati.

Ia menjelaskan, upaya yang dilakukan  dengan penyediaan posko pengecekan suhu tubuh di area publik, seperti pelabuhan, kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta publikasi himbauan-himbauan pencegahan COVID-19.

Sementara himbauan Pemerintah Pusat untuk ‘sosial distancing’  sebagai langkah untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas, serta mengurangi kerumunan.

“Saya instruksikan agar kegiatan rapat atau sejenisnya dihentikan sementara waktu. Dan untuk kegiatan keramaian seperti pernikahan dan lain-Iainnya agar dibicarakan lebih lanjut dengan Badan Kasatuan Bangsa dan Politik Malteng,” jelasnya.

Selain itu, kata Tuasikal, untuk pemenuhunan kebutuhan bahan pokok di Malteng pasca mewabahnya virus corona, maka tersedia. Secara umum masih ada dan dapat memenuhi permintaan konsumen di pasar.

“Dalam waktu dekat, saya bersama TNI/POLRI akan melakukan sidak ke pasar terdekat untuk mengecek stabililitas harga barang, khususnya kebutuhan bahan pokok,” katanya.

Tuasikal menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap tenang, tetap mawas diri, berpikir positif dan berikhtiar menyikapi wabah virus corona.

“Jaga selalu kesehatan dan kebersihan pribadi dengan berolahraga secara teratur, segera ke dokter bila mana mengalami gangguan kesehatan. Menghindari tempat-tempat keramaian bila tidak mendesak, bahkan turut mendoakan keamanan dan keselamatan bangsa dan negara ini secara khusus Malteng, dalam menghadapi masalah ini,” pinta Bupati Malteng (BB-FA)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire