BERITABETA.COM, Ambon – Personil Kimia Biologi Radioaktif (KBR) yang tergabung dalam Satuan Tugas Aman Nusa ll COVID-19 Polda Maluku, melakukan penyemprotan disinfektan, di Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (07/12/2020).

Kawasan pelabuhan merupakan salah satu pintu masuk para penumpang yang datang dan berangkat. Sisi lain menjadi tempat keramaian, yang berpotensi desak-desakan. Sehingga alternatif penyemprotan disinfektan di kawasan itu menjadi prioritas.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku KBP. M. Guntur menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menurunkan sedikitnya 10 personil KBR. Penyemprotan cairan disinfektan berlangsung Pelabuhan Yos Sudarso dan sejumlah lokasi di Kota Ambon.

“Pelabuhan adalah titik masuk keluarnya para penumpang. Di sana juga terjadi keramaian, sehingga harus disompret,” katanya.

Penyemprotan kali ini, kata dia, memang difokuskan di pelabuhan, karena tempat tersebut rawan terjadi penularan COVID-19.

Senada Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A. Manullang juga mengatakan, pelabuhan merupakan tempat keramaian. Jadi, sudah sewajarnya dilakukan penyemprotan di areal-areal seperti itu.

Selain penyemprotan, personil juga memberikan himbauan kepada para buruh dan pedagang di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, agar tetap memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak.

Selain di pelabuhan, tim juga bergerak ke sejumlah titik keramaian di Ambon, seperti Pasar Mardika, kawasan pemukiman padat penduduk, dan sejumlah lokasi lainnya. (BB-YP)