BERITABETA.COM, Ambon – Pencegahan penyebaran virus corona atau corona virus desiase  (COVID -19) di Provinsi Maluku mulai meluas di sejumlah tempat.

Besok, 18 Maret 2020, seluruh Mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diinstruksikan untuk menjalankan aktivitas kuliah secara online melalui media daring.

Keputusan ini dikeluarkan Rektor Unpatti- Ambon, Prof. Dr. M.J. Sapteno dalam surat pemberitahuan Nomor : 2084/UN13/LL/2020, tertanggal 17 Maret 2020.

Surat rektor ini ditujukan kepada seluruh civitas akademika Unpatti dengan ikut menyertakan sebanyak 9 poin pemberitahuan tambahan lainnya.

Selain keputusan sistem perkuliahan dilakukan secara online kepada mahasiswa, Rektor Unpatti juga menyampaikan 9 poin himbauan kepada seluruh civitas akademika Unpatti.

Surat Rektor Unpatti

Antara lain, seluruh Civitas Akademika Unpatti diharapkan menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta secara aktif dan konsisten menerapkan berbagai tindakan pencegahan, penularan penyakit, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

“Kami juga meminta semua Civitas Akademika Unpatti untuk menunda penyelenggaraan acara yang mengundang banyak peserta, seperti acara akademik (seminar, workshop dan kuliah umum), atau acara non akademik (apel, upacara dan olahraga bersama) dan juga kegiatan organisasi mahasiswa,”himbau Rektor Unpatti dalam suratnya yang juga diterima redaksi beritabeta.com, Selasa (17/03/2020) malam.

Rektor mengatakan, proses perkuliahan dilakukan secara online melalui media dering, namun untuk ujian serjana (S1) dan magister (S2) tetap berjalan seperti biasa.

Kemudian untuk penyelenggaran kegiatan praktek (laboratorium, klinik, praktek industri dan lapangan) diminta agar diatur kembali dengan menggunakan metode lain tanpa harus tatap muka, atau ditunda sambil melihat perkembangan kondisi kedepan.

Rektor juga meminta, proses pengiriman tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa keluar daerah Maluku dan luar negeri serta penerimaan kunjungan tamu dari luar ditunda.

Untuk pimpinan dan pegawai yang sakit pada saat menjalankan tugas di kantor atau para mahasiswa yang sakit, segera memeriksa diri ke klinik Fakultas Kedokteran Unpatti- Ambon, untuk melakukan pengobatan secara gratis.

“Jadi pemberitahuan ini berlaku mulai besok tanggal 18 – 31 Maret 2020, dan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang akan datang,” tutup Rektor (BB-DIO)