Goethe-Institut Indonesien Buka Kursus Bahasa Jerman Daring

Kursus bahasa Jerman Goethe-Institut Indonesien kini berlangsung secara daring (online) dan dapat diakses dari mana pun di Indonesia.
Kursus bahasa Jerman Goethe-Institut Indonesien kini berlangsung secara daring (online) dan dapat diakses dari mana pun di Indonesia.

BERITABETA.COM, Jakarta – Kursus bahasa Jerman Goethe-Institut Indonesien kini berlangsung secara daring (online) dan dapat diakses dari mana pun di Indonesia. Kelas-kelas diadakan dalam format belajar mengajar digital, sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik di tengah pandemi COVID-19.

Peralihan dari pembelajaran di dalam kelas ke ruang kelas virtual dimulai sejak 23 Maret 2020 dalam rangka menjamin progres pembelajaran bahasa Jerman para peserta kursus saat itu. Langkah tersebut diambil menyusul penutupan sementara fasilitas Goethe-Institut di Jakarta dan Bandung sebagai upaya meredam penyebaran wabah COVID-19.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, Goethe-Institut Indonesien memutuskan melanjutkan penerapan ruang kelas virtual untuk jadwal kursus yang akan datang. Keputusan ini membuka kesempatan belajar bagi orang-orang di semua provinsi di Indonesia.

“Sudah bertahun-tahun lamanya, Goethe-Institut menerima permintaan dari orang- orang dari luar Jakarta dan Bandung, sering kali dari luar Jawa, untuk mengadakan kursus bahasa Jerman di sana. Sekarang, setelah kami mengalihkan pembelajaran bahasa Jerman menjadi online sepenuhnya, semua orang dapat ikut serta dan menikmati manfaatnya,” ujar Kepala Bagian Bahasa Goethe-Institut Indonesien Sonja Stoll dalam siaran persnya kepada beritabeta.com, Selasa (19/5/2020)/

Ruang kelas virtual yang ditawarkan menyerupai kelas tatap muka Goethe-Institut. Melalui sebuah platform konferensi video berbasis web, para peserta kursus dapat berinteraksi dengan guru serta sesama peserta, dan mengerjakan tugas kelompok dari rumah masing-masing. Para peserta akan dapat melatih keterampilan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Jerman.

#30MinDeutsch

Goethe-Institut Indonesien juga menerapkan format baru konsultasi melalui email, WhatsApp, serta konsultasi tatap muka via platform daring. Selain itu, Goethe-Institut Indonesien juga menginisiasi program interaktif bertajuk #30MinDeutsch. Program yang bertujuan memperkenalkan bahasa Jerman ini disiarkan secara langsung setiap Senin pukul 16.00-16.30 WIB di kanal Instagram @goetheinstitut_indonesien. Dalam #30MinDeutsch, guru bahasa Goethe-Institut Indonesien memandu program selama 30 menit.

BACA JUGA:  DPRD Maluku Rekomendasi Tutup Pintu Masuk Pelabuhan di Maluku

“Para guru akan menyajikan satu atau dua permainan interaktif yang seru dan berkaitan dengan tata bahasa Jerman untuk memberi gambaran mengenai bahasa ini. Kami juga memberi berbagai masukan mengenai cara belajar bahasa Jerman,” kata Keeke Rieuwpassa, satu di antara para guru yang menjadi pemandu program.

Dalam waktu dekat, Goethe-Institut Indonesien juga akan meluncurkan “Lernberatung”, bimbingan belajar bahasa Jerman di mana peserta kursus dapat memperoleh bantuan mengenai teknik belajar, pekerjaan rumah, dan konten kursus. Belajar bahasa Jerman di masa pandemi

Di tengah pandemi, Sonja Stoll menambahkan, menginvestasikan waktu untuk belajar bahasa Jerman bisa membawa manfaat. Dengan melatih keterampilan berbahasa Jerman, pembelajar bahasa Jerman berkesempatan memperoleh akses ke salah satu sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia. Pembelajar bahasa Jerman juga bisa memenuhi syarat untuk ikut ambil bagian dalam pelatihan vokasi di Jerman yang diakui secara internasional dan dikenal sebagai “Ausbildung”.

“Dengan belajar bahasa Jerman, orang dapat memperoleh kualifikasi profesi yang akan menjadi aset di dunia kerja pasca-corona, khususnya bekerja untuk salah satu dari sekian banyak perusahaan Jerman, Swiss, dan Austria di Indonesia. Ini juga hobi yang patut ditekuni dan akan menghubungkan pembelajar bahasa Jerman dengan 130 juta penutur bahasa Jerman di Eropa,” kata Sonja Stoll.

Onleihe: Perpustakaan Digital Goethe-Institut

Publik di rumah juga dapat mengakses perpustakaan digital Onleihe yang ekstensif dan bebas biaya milik Goethe-Institut guna memoles kemampuan berbahasa Jerman masing-masing selama isolasi diri.

Layanan ini menyediakan koleksi dengan lebih dari 35.000 buku elektronik, buku audio, film, bahan-bahan modern untuk pembelajar bahasa, majalah dan surat kabar berbahasa Jerman, yang dapat dibuka kapan pun dan di mana pun di seluruh Indonesia. Keanggotaan perpustakaan Goethe-Institut tidak diperlukan untuk memanfaatkan layanan digital ini (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire