BERITABETA.COM, Masohi – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diminta untuk tetap menjaga kesehatan dan bersabar sampai nantinya agenda keberangkatan jamaah haji asal Indonesia dapat terwujud di tahun 2021 nanti.

Himbauan ini disampaikan  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag)  Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis saat memberikan pembinaan dan berbagi pengalaman kepada puluhan JCH asal Maluku Tengah di di Aula Kemenag Malteng, Rabu (04/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja yang dilakukan Kakanwil Agama di Maluku Tengah.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil meminta, agar Jemaah Calon Haji asal Malteng untuk bersabar dalam menghadapi situasi pendemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

“Ini merupakan cobaan, yang harus kita hadapai karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia terasuk Maluku saat ini, membuat pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 terpaksa ditunda,” beber Bugis kepada wartawan di Masohi.

Pada kesempatan itu, dari sebanyak 135 JCJ asal Malteng yang terdaftar hanya sebanyak 26 orang yang ikut dalam kegiatan pembinaan tersebut.

Selain memberikan materi pembekalan bagi para jemaah calon haji, Jamaludin juga menyampaikan program dari Kementrian Agama RI, khususnya Dirjen Penyelenggara Haji terkait dengan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2020 ke 2021.

“Kita juga memberikan penguatan kepada calon jemaah haji untuk bisa hadapi semua cobaan ini, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi perjalanan ibadah haji tahun 2021,” jelasnya.

Selain kunker ke Maluku Tengah,  Kakanwil juga mengajak seluruh aparatur Kementrian Agama untuk bisa menyatukan persepsi dalam rangka meningkatkan kinerja.

Kunjungan itu juga disertai dengan penyaluran bantuan berupa sembako sebanyak 100 paket dan 500 buah masker kepada warga di Maltang yang dibagikan untuk empat komunitas agama.

“Santunan ini sebagai bentuk solidaritas Kementrian Agama terhadap umat beragama dalam menghadapi pandemi covid-19,” tuturnya (BB-FA)