SBT Ada di Urutan Kedua Jumlah Kasus Terbanyak   

BERITABETA.COM, Ambon – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Maluku, kembali melansir data terbaru jumlah pasien positif Covid-19 di Maluku yang terus bertambah.

Hingga, Jumat (5/6/2020), pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku bertambah menjadi 261 kasus. Hari ini bertambah lagi sebanyak 7 kasus baru, dari angka sebelumnya sebanyak 254 kasus.

Dari jumlah  261 kasus ini dapat dirincikan pasien yang sementara dirawat sebanyak  186 kasus. Sedangkan yang  sembuh juga bertambah dari 64 orang naik menjadi 67 orang. Sementara jumlah pasien yang meninggal 8 orang.

186 pasien/kasus yang dalam perawatan ini tersebar pada beberapa Kabupaten/Kota.  Antaranya, untuk Kota Ambon dari sebelumnya 154 kasus naik menjadi 158 kasus, Maluku Tengah 7 kasus. Buru 5 kasus, Seram Bagian Barat (SBB) 1 Kasus, Seram Bagian Timur (SBT) 12 kasus dan Maluku Barat Daya 3 kasus.

Sementara untuk ODP angka ODP dari 43 ODP turun menjadi 42 ODP, yang tersebar pada beberapa Kabupaten/Kota di Maluku, untuk Kota Ambon dari 32 ODP turun menjadi 31 ODP, dan Maluku tengah 9 ODP dan Seram Bagian Barat 1 ODP serta Seram Bagian Timur 1 ODP.

Sedangkan untuk Data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Maluku masih tetap bertahan di angka 31 PDP.

Ke 31 PDP tersebut tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Maluku diantaranya Untuk Kota Ambon masih tetap 24 PDP, Buru Selatan sebanyak 2 PDP dan Maluku Tengah 4 PDP dan Buru 1 PDP.

Update jumlah kasus Covid-19 di Maluku

Bupati SBT Minta Warga Patuh

Sementara di kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur dilpaorkan, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas meminta masyarakat setempat untuk tetap patuh dengan menjalankan protokoler kesehatan. Sebab, sesuai data, Kabupaten SBT berada pada urutan kedua dengan jumlah 12 orang positif Covid-19.

Keliobas menjelaskan, terkait dengan 12 warga SBT yang dinyatakan positif Covid-19, itu sesuai dengan dengan hasil Swab melalui PCR.

“Jadi hari ini di SBT bertambah delapan orang positif Covid-19. Jadi ditambah dengan empat orang sebelum berarti totalnya 12 positif Covid-19” katanya dalam komprensi pers yang digelar di Pandopo, Jumat (5/6/2020).

Untuk itu, Bupati SBT berharap, agar masyarakat selalu patuh sebagai upaya mencegah penularan dan penyebaran virus corona di Bumi Ita Wotu Nusa ini.

Selain itu Bupati Abdul Mukti Keliobas juga menghimbau, agar masyarakat terus menerapkan pola hidup sehat dan menjaga imunitas diri dalam kehidupan sehari-hari, agar tidak mudah terjangkit virus corona.

“Masyarakat harus menjaga kesehatan, tidak usah keluar rumah, kecuali mendesak dan harus mematuhi protokoler kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19,” pintanya (BB-DIO)