Kaka Slank: Mayoritas Masyarakat Kurang Punya Kesadaran Cegah COVID-19  

Kaka Slank saat diwawancarai jurnalis di Pulau Hatta, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (14/11/2020). Foto: Beritabeta.com

BERITABETA.COM, Ambon – Vokalis Grup Musik Slank Akhadi Wira Satriaji atau yang biasa disapa Kaka mengaku, selama mengikuti pelayaran bersama Tim Ekspedisi Maluku EcoNusa, ke Pulau-Pulau Kecil dan Terpencil di Maluku, ia menemukan banyak fakta mengagetkan di lapangan.

“Banyak fakta mengejutkan selama mengikuti ekspedisi dan program pencegahan COVID-19 bersama Tim EcoNusa di Maluku. Salah satunya, ternyata pandemi tidak banyak mempengaruhi kehidupan warga,” ungkap Kaka kepada media ini, Sabtu (14/11/2020) lalu.

Menurut Kaka, mayoritas masyarakat juga kurang memiliki kesadaran untuk mencegah virus corona. Bahkan ada beberapa Puskesmas Pembantu (Pustu) di titik-titik yang didatangi, ternyata belum mengetahui cara menggunakan rapid test, sementara pengecekan adalah hal dasar yang perlu diketahui oleh tim medis.

“Karena itulah, Tim Medis EcoNusa pun mengajarkannya cara penggunaan rapid test kepada mereka,” katanya.

Hal-hal dasar seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, kata Kaka, juga belum masif diinformasikan kepada masyarakat. Untuk itu, membangun kesadaran di wilayah-wilayah terpencil sangat diperlukan, agar penularan dapat dicegah secara cepat dan tepat.

“Tapi saya lihat di beberapa desa, masyarakatnya antusias dan pengen tahu dan mengecek kesehatan setelah dapat penjelasan. Karena virus ini kan parah kalau dia punya penyakit bawaan,” ujar Kaka.

Di sisi lain, Kaka mengaku senang ikut bersama Tim Ekspedisi Maluku EcoNusa, karena jadi turut belajar mengedukasi masyarakat di daerah pesisir, terpencil, dan pulau-pulau kecil, lewat sosialisasi COVID-19.

“Ekspedisi ini bagus sekali. Banyak basic knowledge yang memang dikenalkan ke masyarakat. Karena kampanye pemerintah ternyata tidak masuk sampai ke daerah-daerah pesisir dan pulau terpencil,” kata Kaka. (BB-TAN)

BACA JUGA:  Gustu Covid-19 Maluku Kembali Terima Sejumah Bantuan

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire