Kapolri Mutasikan 8 Kapolda, Termasuk Kapolda Maluku

Irjen Pol Refdi Andri, MSi,. Kapolda Maluku yang baru menggantikan Irjen Pol Baharuddin Djafar

BERITABETA.COM, Ambon – Gerbong mutasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri kembali bergerak. Kali ini sebanyak 21 pati dan pamen berganti jabatan.

Mutasi dan rotasi tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram diteken Asisten SDM Polri atas nama Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam telegram ini, terdapat delapan Kapolda yang berganti jabatan. Antaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar yang digantikan dengan Irjen Pol Refdi Andri, MSi.

Jenderal Polisi  kelahiran  Bukittinggi, Sumatra Barat, 17 Desember 1963 ini  adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 8 November 2019 mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri.

Refdi, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Korps Lalu Lintas Polri.

Sementara dalam Surat Telegram itu disebutkan, Irjen Pol Baharuddin Djafar dimutasikan sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri TTK.

Selain 2 jenderal tersebut, dalam telegram yang sama, Idham Azis juga turut mengganti jabatan kapolda lainnya. Yakni Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R. Golose menjadi pati Bareskrim Polri (persiapan penugasan di luar struktur). Posisinya akan digantikan oleh Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta dipromosikan menjadi Kapolda Jawa Timur. Jabatan lamanya akan diisi oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Ridwanto.

Sedangkan Kapolda Maluku Utara akan digantikan oleh Irjen Pol Risapudin Nursin. Terakhir mutasi diberikan kepada Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi sebagai Asisten Logistik Kapolri. Posisinya digantikan oleh Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.

Berikut daftar lengkap kapolda yang diganti:

BACA JUGA:  Jenderal Royke Lumowa Sampaikan Kesannya Selama di Maluku

1. Kapolda Bali Irjen Pol Petro Golose

Dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri (persiapan penugasan di luar struktur).

2. Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar.

Dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

3. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana.

Dimutasi sebagai Korsahli Kapolri.

4. Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran.

Dimutasi sebagai Kapolda Metro Jaya.

5. Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta.

Dimutasi sebagai Kapolda Jatim.

6. Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Rikwanto.

Dimutasi sebagai Kapolda Kalsel.

7. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Dimutasi sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

8. Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Dimutasi sebagai Aslog Kapolri. (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire