Masyarakat Maluku Diminta Waspadai Banjir Bandang

Masyarakat Maluku Diminta Waspadai Banjir Bandang
ilustrasi prakiraan cuaca

Bamsoet Minta Pemda Lakukan Persiapan

BERITABETA, Jakarta –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir data prediksi menyebutkan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia akan meningkat selama seminggu kedepan.

Wilayah wilayah itu diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Curah hujan tersebut berpotensi terjadi banjir bandang.

Menanggapi hal ini, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan langkah-langkah persiapan menanggapi informasi BMKG tersebut.

“Informasi BMKG itu guna melakukan antisipasi terhadap pencegahan dan persiapan dalam menghadapi potensi bencana banjir bandang di daerah mereka,” ujar Bamsoet, Selasa, (16/102018).

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Komisi V DPR RI selalu berkoordinasi dengan BMKG, untuk memantau cuaca dan ketinggian air sungai, serta terus perbaharui informasi kondisi cuaca di seluruh Indonesia.

Kata Bamsoet, selain koordinasi dengan BMKG, Komisi yang membidangi Infrastruktur di DPR itu harus mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melakukan langkah kesiapsiagaan terhadap kemungkinan dampak dari cuaca ekstrem, khususnya terhadap transportasi udara, laut,danau, sungai, dan darat.

Kendati demikian, Politisi Golkar itu menghimbau masyarakat yang tinggal di daerah dekat aliran sungai, untuk selalu update berita terbaru terkait cuaca melalui situs resmi BMKG atau melalui informasi Pemda setempat.

“Masyarakat selalu waspada sembari mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana banjir bandang yang akan datang saat musim hujan tiba,” pesan Bambang Soesatyo. (BB/ADIS)

Close Menu