BERITABETA.COM, Ambon –  Panglima Kodam XVI/Pattimura (Pangdam) XVI/Pattimura resmi berganti, dari Mayjen TNI Suko Pranoto  kepada Mayjen TNI Marga Taufiq.

Pergantian ini ditandai dengan tradisi penerimaan dan pelepasan Pangdam XVI/Pattimura, bertempat di Lapangan Makodam XVI/Pattimura, Ambon, Senin (14/2019. Mayjen TNI Suko Pranoto menempati tempat baru sebagai Inspektorat Jenderal TNI AD (Irjenad).

Dalam relis yang diterima beritabeta.com di Ambon, Senin (14/1/2019) menyebutkan,  acara penerimaan dan pelepasan Pangdam XVI/Pattimura  langsung dipimpin oleh Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan bersama seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

Pangdam baru setelah melakukan tradisi penciuman pataka, menerima paparan singkat mengenai kondisi geografis, personil, materiil dan situasi jajaran Kodam XVI/Pattimura oleh Asisten Perencanaan  Kolonel Inf Sarifudin sebagai bahan pertimbangan-pertimbangan dalam menjalankan tugas kedepan.

Panglima Kodam XVI/Pattimura (Pangdam) XVI/Pattimura yang baru Mayjen TNI Marga Taufiq saat bersalaman dengan keluarga besar Pangdam usai melakukan acara acara tradisi penerimaan dan pelepasan Pangdam XVI/Pattimura

Selain itu,  juga dipaparkan program-program yang telah dijalankan  Kodam XVI/Pattimura.  Salah satunya adalah program unggulan emas biru, emas hijau dan emas putih.

Mayjen TNI Marga Taufiq, merupakan jenderal lulusan Akademi Militer tahun 1987.  Sebelumnya menjabat sebagai Panglima Divisi (Pangdiv) Infanteri 2 Kostrad. Taufiq  pernah menjabat sebagai Dandim 1403/Sawerigading Palopo, Dandim 1408/BS Makassar, Danrem 132 Tadulako Palu, Paban Sterad, Waaster Kasad dan Kasdam II/Sriwijaya.

“Dengan bermodalkan pengalaman yang sangat banyak di bidang teritorial, Mayjen TNI Marga Taufiq pasti memiliki ide-ide dan konsep-konsep baru terkait dengan kegiatan dan serbuan terirotial di wilayah kodam” ujar Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho.

Sementara itu, Mayjen TNI Suko Pranoto berpamitan kepada seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura dan masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon yang telah membantu menciptakan iklim kondusif selama menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura.

Mayjen TNI Suko Pranoto usai pamitan di hadapan Prajurit Kodam XVI/Pattimura di Lapangan Makodam menyampaikan kesan mendalam saat menjabat Pangdam XVI/Pattimura.

”Saya berpesan kepada para prajurit Kodam XVI/Pattimura agar senantiasa menjaga soliditas, loyalitas dan rasa pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara.  Jaga kesiapan dan kemampuan operasional baik personel, materiil dan kesiapan satuan secara keseluruhan”, ujar Mayjen TNI Suko Pranoto.

Sementara Pangdam XVI/Pattimura yang baru, Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan akan meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Mayjen TNI Suko Pranoto dalam memimpin Kodam XVI/Pattimura. (BB-DIO)