Mensos Serahkan Bantuan Senilai Rp 1,7 Miliar Kepada Korban Gempa

Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara saat saat mengunjungi lokasi pengungsian korban gempa bumi di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten, Maluku Tengah, Pulau Ambon, Kamis (28/11/2019).

BERITABETA.COM, Ambon – Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi di Maluku  saat mengunjungi lokasi pengungsian di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten, Maluku Tengah, Pulau Ambon, Kamis (28/11/2019).

Total bantuan yang diserahkan Mensos  senilai Rp. 1.755.057.932.  Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning serta perwakilan korban gempa.

Bantuan tersebut terdiri dari  logistik tahap dua senilai Rp. 195.057.932, 2.000, paket Sembako senilai Rp. 500 juta dan santunan kematian bagi empat ahli waris masing-masing 15 Juta.

Mensos mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut akan didistribusikan ke tiga wilayah terdampak gempa bumi di Maluku.

“Untuk kota Ambon tadi juga kita salurkan lewat GMNI sebanyak 500 paket Sembako. Jadi total ada 2.000 paket,”ungkapnya kepada awak media.

Dirinya berharap, bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban korban terdampak gempa bumi di Maluku.

“Kami berharap kondisi transisi daruratnya bisa segera berakhir sehingga bisa kembali ke tempat masing-masing serta pemulihan agar dapat menjalankan kehidupan dengan normal kembali,”ungkapnya.

Untuk masa pemulihan, Mensos mengatakan hal itu tergantung pemerintah provinsi yang menentukan. “Tapi masih transisi darurat, itu hak pemerintah provinsi yang tentukan (beralih ke masa pemulihan), agar saat masa pemulihan bantuan-bantuan seperti jaminan hidup dan sebagainya yang sifatnya dana bisa kita turunkan,”tandasnya.

Dalam lawatannya ke lokasi pengungsian di Tulehu ini, Mensos juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan anak-anak korban gempa, meninjau ruang apotek hinggga pasien yang dirawat di ruang perawatan RSU darurat dr. Ishak Umarela. (BB-DIAN)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire