Menteri ESDM Buka Pesparani Nasional di Ambon

Pembukaan Pesparani 1 Nasional yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Ambon

BERITABETA, Ambon -Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan membuka Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu (27/10/2018) malam. Pembukaan Pesparani Katolik ini berlangsung meriah. Ribuan orang menyaksikan acara ini.

Menteri Jonan atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pesparani dengan memukul Tifa di panggung utama Lapangan Merdeka Ambon. “Saya mewakili Bapak Presiden, membuka kegiatan Pesparani Katolik Nasional Pertama di Kota Ambon ini,” kata Menteri Jonan.

Saat memukul tifa membuka kegiatan ini, Menteri Jonan didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua Umum Pesparani Nasional Zeth Sahuburua dan Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Adrianus Meliala.

Presiden Jokowi juga menyampain ucapan selamat atas penyelenggaraan Pesparani Katolik pertama di Indonesia ini. Ucapan Jokowi disampaikan lewat video yang ditafing dan diputar saat pembukaan Pesparani.

Pembukaan Pesparani diawali defile peserta dari 34 provinsi se Indonesia. Para peserta menggunakan baju khas daerah mereka saat defile ini. Tuan rumah Provinsi Maluku terbanyak peserta dengan jumlah 500 orang lebih.

Dalam pembukaan ini, Ketua LP3KN Adrianus Meliala menyerahkan piala bergilir Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Pesparani Zeth Sahuburua untuk diperebutkan di ajang Pesparani ini. Pesparani akan berlangsung hingga 2 November dengan melombakan semilan mata lomba.

Pembukaan berlangsung meriah. Kemeriahan terlihat dengan aneka pencahayaan dan penataan panggung yang ditampilkan. Pembukaan juga dimeriahkan dengan tarial kolosal tentang masuknya Injil di Maluku, serta tarian kolosal yang menggambarkan kehidupan persaudaraan masyarakat Maluku sejak jaman dulu. (BB/DIO)

BACA JUGA:  AMSI Minta Media Tidak Picu Kepanikan soal Wabah Virus Corona

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire