Muhammad Mukaddar : Ramadhan Mengajarkan Kita Agar Bijaksana

Muhammad Mukaddar saat bertindak sebagai Khotib Shalat Idul Fitrih 1440 H di Mesjid Al’Buruj Namlea, Rabu pagi (5/6/2019). (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Namlea – Rektor Universitas Iqra Buru (Uniqbu), Muhammad Mukaddar menegaskan, Ramadhan membentuk umat Muslim  untuk memiliki kepekaan sosial, yakni mampu merasa kesulitan orang lain di lingkungan sekitar agar mudah menderma.

“Jika dipelihara secara terus menerus, maka kesadaran sosial ini akan berkembang menjadi kebijaksanaan. Kita akan menjadi orang-orang yang bijaksana berkah ramadlan, kebijaksanaan inilah yang merupakan muara dari puasa itu sendiri, yakni menjadi orang yang bertaqwa,”tandas Muhammad Mukaddar saat bertindak sebagai Khotib Shalat Idul Fitrih 1440 H di Mesjid Al’Buruj Namlea, Rabu pagi (5/6/2019).

Menurut Mukaddar, dengan kebijaksanaan inilah, umat  akan mampu membangun masyarakat yang berperadaban dengan landasan keimanan, etika dan moralitas.

“Hari ini, meskipun ramadhan telah berlalu tapi harus ada efek positif yang tertanam di dalam diri setiap orang, kita harus tunjukkan kepada dunia bahwa kita benar-benar berubah setelah berpuasa selama satu bulan, tunjukkan kepada semesta bahwa kita telah benar-benar menjadi manusia yang sebenarnya dengan tugas kekhalifahan dari Allah swt,”tandas Mukaddar.

“Hari ini kita mendeklarasikan diri sebagai orang-orang yang bijaksana dan inilah jati diri seorang muslim,”sambungnya.

Di hadapan jamaah shalat ied, Mukaddar berpesan agar Jati diri ini perlu dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Jangan pernah merusaknya atau menciderainya dengan hal-hal yang negatif.

Kebiasaan menghina orang lain harus dihilangkan, menggunjing, memaki, mengolok-olok, suka menfitnah, dan semua yang menodai nilai-nilai luhur ramadlan ini harus dihindari sejauh mungkin. Sebaliknya perilaku-perilaku positif harus ditumbuh kembangkan sebagai manifestasi dari “ruh” ibadah puasa itu sendiri.

“Tanamkan dalam diri kita sifat saling menghargai antara yang satu dengan yang lain, kokohkan tali persaudaraan antara sesama, bina kerukunan yang kuat antara seluruh elemen masyarakat, di hadapan manusia kita boleh berbeda tapi kasih sayang Allah menebar kepada kita semua, rahmat Allah melingkupi seluruh kehidupan kita, tanamkan ini dalam dada kita dengan satu landasan Sesungguhnya orang yang mulia di sisi Allah adalah yang bijaksana diantara kamu”pungkas Mukaddar. (BB -DUL)

BACA JUGA:  Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire