Operasi Zebra di Kota Masohi Dirangkai Pengawasan Protokol Kesehatan

Operasi Zebra dirangkai dengan pengawasan protocol kesehatan dilakukan Satlantas Polres Maluku Tengah, dalam menertibkan penggendara kendaraan dan pengendalian penyebaran Covid-19, Sabtu (21/11/2020)

BERITABETA.COM, Masohi – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Maluku Tengah mulai menggelar  Operasi Zebra Siwalima 2020. Operasi yang biasanya digelar menjelang hari-hari besar keagamaan ini dilakukan di sejumlah ruas jalan di Kota Masohi dengan menyertakan pengawasan protocol keseahatan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, Sabtu (21/11/2020).

Informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan,  Operasi Zebra ini akan berlangsung selama sepuluh hari ke depan terhitung mulai tanggal 21 November sampai 30 November 2020.

“Pergelaran Operasi Zebra ini dilakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu-lintas,” kata KBO Sat Lantas Polres Malteng Ipda Roy Romarosn kepada beritabeta.com.

Menurutnya, operasi kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan  Operasi Zebra di dimasa pandemi Covid-19 ini disertai dengan kegiatan pemeriksaan protokol kesehatan bagi para pengendara demi meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Dikatakan, selain protocol kesehatan, sasaran operasi bagi pengendara kendaraan bermotor baik roda dua  dan roda empat (mobil) adalah tidak menggunakan helm SNI, melawan arus lalu lintas, pengendara dibawah umur.

Kemudian,  pengemudi dalam keadaan mabuk, mengemudi dengan kecepatan tinggi, tidak menggunakan safety belt, menggunakan hand phone saat berkendaraan, menggunakan lampu rotator dan kelengkapan surat kendaraan berupa SIM dan STNK.

Ipda Roy Romarosn  menjelaskan pada pelaksanaan Operasi Zebra Siwalima tahun 2020 lebih mengedepankan dengan pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat khususnya para pengguna jalan.

Menurutnya, upaya preemtif yang dilakukan adalah memberikan edukasi, sosialisasi, himbauan dan teguran simpatik kepada masyarakat untuk mematuhi aturan-aturan lalu lintas dan pelaksanaan protokol kesehatan seperti pembagian masker bagi pengendara kendaraan yang tidak memakai masker serta penempelan stiker wajib masker.

BACA JUGA:  Waspada Gejala Cacar Monyet, Ini Cara Pencegahannya

“Sedangkan untuk kegiatan preventifnya contohnya himbauan ke tukang ojek agar mengutamakan keselamatan diri dan penumpang,” ungkap Roy (BB-ES)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire