BERITABETA.COM, Ambon – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, memimpin Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan. Rapat berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Rabu (30/9/2020).

Pangdam menjelaskan, rapat evaluasi ini merupakan forum penting untuk membahas langkah-langkah cepat, tepat dan akurat terkait penanganan COVID-19 dan Pendisiplinan Protokol kesehatan di wilayah Maluku.

“Kita harus selalu bersinergi untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Pangdam.

Dia mengatakan, 9 Desember mendatang akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di beberapa kabupaten, di wilayah Maluku, yakni Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan.

Terkait itu, kata Pangdam, harus ada antisipasi, mulai dari masa kampanye hingga pemungutan suara, dengan target operasinya yakni, perubahan perilaku masyarakat yang sadar protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada.

Kemudian mencegah penyebaran dan angka positif COVID-19 pada cluster Pilkada.

“Dengan target operasi tersebut diharapkan dapat mendorong kesehatan masyarakat, menuju masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19,” harapnya.

Pendisiplinan protokol kesehatan harus berinovasi sesuai kearifan lokal masyarakat dan dilakukan dengan humanis, fleksibel, sopan dan edukatif.

“Mari kita laksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya, demi terwujudnya Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” tutup Pangdam.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Syarif Hadler, beserta para pimpinan tokoh agama dan Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon. (BB-YP)