BERITABETA.COM, Ambon – Menyambut Hari Ulang Tahun yang ke-75, TNI menggelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Kapaha Tantui Ambon, Jumat (2/10/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ziarah kali ini dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat dan hanya diikuti oleh sejumlah perwakilan dari TNI-POLRI dan PNS.

Ziarah ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-75 TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan inspektur upacara Pangdam XVI Pattimura Agus Rohman.

Kemudian yang bertindak selaku Komandan Upacara Ziarah yaitu Letkol Kal Deddy Setiawan (Kadis Logistik Lanud Pattimura).

Seusai upacara, ziarah dilanjutkan dengan doa bersama dan tabur bunga di pusara makam Taman Makam Pahlawan Kapaha Tantui.

Upacara tahun ini hanya diikuti sejumlah perwakilan anggota TNI dari tiga angkatan, kemudian Polri, Brimob dan PNS  dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Pembatasan jumlah peserta upacara dan penerapan protokol kesehatan ini sebagai upaya antisipasi penyebaran corona atau Covid-19.

Hadir dalam upacara tersebut Gubernur Maluku Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Drs. Baharuddin Djafar, Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan.

Kemudian, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, Kepala Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arief Sumartono, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury, Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Arnold Ritiauw, Kepala Basarnas Ambon Djunaidi, dan tamu undangan lainnya (BB-YP)