BERITABETA.COM,  Ambon – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-75, tanggal 17 Agustus 2020, Kodam XVI/Pattimura menggelar perlombaan melukis dinding grafity/mural.

Perlombaan ini dipusatkan di kawasan Pantai Losari, Kota Ambon, Jumat (14/8/2020).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman kepada pers di lokasi lomba mengatakan, kegiatan lomba melukis ini  dipilih,  selain untuk menggali potensi dan kreatifitas masyarakat Maluku di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini  juga bertujuan untuk menghindari kegiatan bergerombol seperti pawai maupun perlombaan-perlombaan lainnya yang dilarang pemerintah, mengingat saat ini masa pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Agus Rohman.

Sementara pantauan beritabeta.com di lokasi lomba, terdapat dinding sepanjang kurang lebih 200 meter yang terletak di depan Koramil 1504-02/Sirimau, disulap menjadi indah dengan berbagai gambar mural.

Mulai dari gambar pahlawan, himbauan-himbauan hingga lukisan pemandangan. Kahdiaran lukisan-lukisan ini menjadikan sekitar kawasan tersebut lebih menarik dan artistik.

“Kegiatan ini digagas guna menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat Maluku dalam menyongsong HUT RI ke 75,” kata Pangdam saat meninjau langsung lokasi kegiatan.

Pangdam mengatakan, kedepan pihaknya akan mengadakan lagi kegiatan serupa guna mewadahi bakat-bakat anak Maluku hingga ke tingkat Nasional.

“Yang terpenting kita wadahi kreatifitas anak Maluku”, pungkas Pangdam.

Pangdam mengaku, lomba ini juga diapresiasi oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy. “Walikota juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini khususnya pada peserta yang juara,” tutup Pangdam  (BB-YP)