BERITABETA.COM, Ambon – Kabar baik kembali datang dari penaganan  pasien positif coronavirus disease (Covid-19) di Maluku. Pasien 03 asal Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dinyatakan sembuh, setelah dilakukan uji sampel sweb melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kepastian ini disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19, Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku,  Sabtu (25/4/2020).

“Saya dapat laporan pasien kasus 03, yang dirawat di RSUD dr. M. Haulussy, Ambon, dinyatakan sembuh sesuai hasil Swab PCR. Dengan demikian, dari 20 kasus, 11 kasus sudah dinyatakan sembuh, tinggal 9 kasus yang masih menjalani perawatan, “ kata Kasrul.

Sementara data terbaru juga menyebutkan, dari enam orang, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat menjadi 9 orang. Penambahan tiga kasus ini baru di Maluku, terjadi setelah  dua ABK KM Dobonsolo dan satu pelaku perjalanan dari Bau-Bau dinyatakan positif.

Kasrul menyatakan, saat ini kedua ABK Dobonsolo masih tetap menjalani isolasi di Balai Diklat BPSDM Provinsi Maluku. Sementara pelaku perjalanan dari Bau-Bau dirawat di RST Latumeten.

“Saat ini Tim Medis Gugus tugas sementara melakukan tracking terhadap 3 orang yang saat ini sudah positif Covid-19,” ucapnya.

Terkait dengan pasien 08 inisial VM (52) yang merupakan suami dari pasien 03, hingga kini masih menunggu hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon.

Untuk pasien 09 inisial FM (24) yang anak kandung dari pasien 03 dan 08, telah dinyatakan sembuh oleh tim medis beberapa hari lalu.

“Sementara untuk pasien 08 yang saat ini dirawat dan diisolasi di RSAL dr. F. X. Suhardjo Ambon, tinggal menunggu hasil swab saja,” jelas Kasrul (BB-CS)