Pemprov Maluku Siapkan Program Mudik Gratis, Ini Trayek dan Jadwalnya

Pemprov Maluku Siapkan Program Mudik Gratis, Ini Trayek dan Jadwalnya
Suasana di Pelabuhan Penyebrangan Feri, Waipirit, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)

BERITABETA.COM, Ambon –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku telah menyiapkan fasilitas transportasi untuk mendukung program mudik gratis bagi masyarakat muslim yang akan mudik lebaran ke kampung halaman.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Johanes Frans Papilaya melalui surat bernomor: 550/1/19/2019. Program mudik gratis ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Angkutan yang dipergunakan untuk mudik gratis ini antara lain kapal laut, kapal fery dan bus. Berikut rincian moda transportasi yang digunakan dalam program mudik gratis tahun ini adalah, untuk kapal laut, KM. Sabuk Nusantara 72 trayek Ambon-Namrole-Leksula yang rencana diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso 24 Mei.

KM. Sabuk Nusantara 71 dengan trayek Ambon-Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual-Ambon rencananya  berangkat pada 25 Mei dari Pelabuhan Yos Sudarso.

KM. Manusela trayek Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Manali rencana berangkat pada 28 Mei. KM. Manusela dengan trayek Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom rencana berangkat pada 1 Juni.

KM. Ngapulu dengan trayek Ambon-Banda yang rencana berangkat pada 30 Mei. “Khusus untuk KM. Ngapulu, ini merupakan  program mudik gratis yang disiapkan Divre Bulog Maluku,”kata Kadis.

Untuk moda transportasi kapal ferry dalam program mudik gratis lebaran tahun ini adalah KMP. Teluk Ambon lintasan Waai-Kailolo berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei, KMP. Samandar lintasan Waai-Umeputih berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei, KMP. Wayangan lintasan Gala-Namlea pada 1 Juni serta lima kapal ferry lintasan Hunimua-Waipirit pada 1 Juni.

“Untuk bus Damri dari Gong Perdamaian menuju pelabuhan peyeberangan Liang (Hunimua) pada 31 Mei dan 1 Juni jam keberangkatan 05.00 wit,”sebutnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis ini,  kata Papilaya bisa mendaftarkan diri dengan membawa serta tanda bukti diri berupa KTP, SIM, Kartu Mahasiswa, Kartu Pelajar atau kartu keluarga dengan copy-an satu lembar.

Untuk kapal laut KM. Sanus 71, KM. Sanus 72 dan KM. Manusela, pedaftarannya di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku pada 20-24 Mei pukul 09,00-14,00 WIT. KM. Ngapulu pendaftaran dibuka pada 22 Mei di kantor Bulog JL. Pantai Waihaong.

Sedangkan untuk kapal ferry dari Pelabuhan Waai pendaftarannya dilakukan saat keberangkatan pada 31 Mei, sementara kepal ferry Pelabuhan Hunimua dan kapal ferry Pelabuhan Galala pendaftaran dilakukan pada 1 Juni 2019 (BB-DIAN)

Close Menu