Peringati HAN, Anak Maluku Sampaikan Pesan kepada Presiden Jokowi

Sejumlah anak Maluku yang tergabung dalam Amboina Ukulele Kids Community (AUKC) ikut merayakan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2020. Perayaan HAN digelar dengan menyampaikan pesan terbuka kepada Presiden RI Jokowi, Rabu (22/7/2020)
Sejumlah anak Maluku yang tergabung dalam Amboina Ukulele Kids Community (AUKC) ikut merayakan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2020. Perayaan HAN digelar dengan menyampaikan pesan terbuka kepada Presiden RI Jokowi, Rabu (22/7/2020)

BERITABETA.COM, Ambon – Di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, sejumlah anak Maluku di kota Ambon yang tergabung dalam Amboina Ukulele Kids Community (AUKC) ikut merayakan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2020.

Dengan menggelar acara seadanya, AUKC yang dipimpin seniman Maluku, Nicho Tulalessy ini memperingatinya dengan menyampaikan pesan keprihatinan anak Maluku kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui surat yang dibacakan dua anak Maluku anggota AUKC masing-masing, Vira Lekatompesy dan Kezia Tulalessy.

Pesan terbuka yang juga diabadikan melalui video ini, berisi tentang nasib pendidikan Maluku kepada Presiden dan Mentri Pendidikan di Jakarta. Anak-anak Maluku ini meminta Presiden dan Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim agar dapat memberikan perhatikan khusus untuk pendidikan anak di Maluku.

Baik Vira dan Kezia bergantian menuturkan, nasib pendidikan di Maluku yang masih memprihatinkan, terkhususnya anak- anak yang menetap di sejumlah daerah di Maluku yang masih minim dari akses transportasi, teknologi dan komunikasi.

Kedua anak ini mengaku dalam kondisi Covid-19 yang melanda,  saat ini mereka masih bisa belajar melalui online dengan memanfaatkan fasilitas internet lewat smart phone, namun hal demikian tidak dilakukan anak-anak lain di sejumlah daerah Maluku, karena keterbatasan yang dimiliki.

“Selama ini masih terjadi ketimpangan yang cukup jauh antara kemajuan pendidikan di Indonesia Bagian Barat dan kita di Maluku. Kita minta kepada Bapak Presiden dan Pak Menteri agar bisa melihat masalah pendidikan di Maluku,” tutur kedua anak ini yang videonya juga diperoleh beritabeta.com.

Semnetara itu, Koordinator AUKC Nicho Tulalessy kepada beritabeta.com, Rabu malam (22/7/2020) mengatakan, kegiatan yang digelar AUCK ini merupakan inisiatif yang dilakukan dirinya dengan tujuan untuk memberikan semangat bagi semua anak Maluku, agar terus belajar untuk menggapai masa depan meskipun dalam suasana pandemi Covid 19.

BACA JUGA:  Kompleks Orang Kaya di AS, Isi Rumahnya Ada Garasi Pesawat

“Ini saya gelar dengan mengumpulkan anak-anak agar memberikan motiviasi kepada mereka, walaupun hingga saat ini mereka masih belajar di rumah dalam kondisi pandemic Covid-19 saat ini,” ungkap Nicho.

Ia mengaku, dalam kesempatan Hari Anak Nasional ini juga dimanfaatkan agar ada pesan yang disampaikan anak-anak yang terhimpun dalam AUCK ini, setidaknya mewakili anak-anak  Maluku kepada Presiden dan Menteri Pendidikan RI.

“Jadi anak-anak langsung membuat video yang berisi pesan terbuka kepada Pak Presiden dan Menteri Pendidikan agar dunia pendidikan di Maluku mendapat perhatian khusus, terutama sarana yang memadai seperti di Indonesia Bagian Barat,” jelasnya (BB-DIO)

SIMAK JUGA VIDEO DI BAWAH INI :

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire