Polda Maluku Siap Kawal Distribusi Vaksin Covid-19

Kepala Bagian Pengendalian Operasi, Biro Pengendalian Operasi (Kabag Dalops Biro Dalops) Polda Maluku, AKBP Legawa Utama menjelaskan tentang pengawalan vaksin saat konferensi pers di Lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/1/2021).

BERITABETA.COM, Ambon – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku siap mengamankan kegiatan pendistribusian Vaksin Covid-19 ke kabupaten/kota se- Maluku yang akan dilakukan melalui udara, laut dan darat pada, Rabu 13 Januari 2021.

Kepala Bagian Pengendalian Operasi, Biro Pengendalian Operasi (Kabag Dalops Biro Dalops) Polda Maluku, AKBP Legawa Utama menjelaskan pengawalan akan dimulai dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sampai ke bandara. Dari bandara juga akan dikawal lagi ke kabupaten kota.

Hal yang sama juga akan dilakukan jika vaksin dikirim melalui darat ataupun menggunakan kapal laut. Sampai di pelabuhan tujuan akan tetap dikawal sampai di tempat penyimpanan di kabupaten/kota.

“Di bandara atau pelabuhan yang dituju nanti akan diserahterimakan pengawalan kepada personil Polres setempat untuk dikawal ke lokasi penyimpanan di tiap kabupaten. Polres masing-masing juga akan melakukan hal yang sama. Pengawalan akan dilakukan oleh satuan Brimob,” kata Legawa kepada awak media saat konferensi pers di Lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Selasa (12/1/2021).

Sebelumnya, Provinsi Maluku menerima sebanyak 15.120 dosis vaksin Covid-19 yang tiba di Kota Ambon pada Senin 4 Januari 2021 lalu.

Puluhan ribu vaksin itu langsung dibawa ke Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di kawasan Karang Panjang dengan pengawalan ketat polisi.

Ketua Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang mengatakan, pemberian vaksin akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama, pemberian vaksin diutamakan untuk tenaga medis. Sedangkan pada tahap kedua, diberikan kepada pihak yang melayani masyarakat seperti TNI, Polri, dan instansi lain.

“Pembagiannya dalam dua tahap pertama itu untuk tenaga kesehatan dan kedua untuk tenaga yang melayani masyarakat seperti TNI Polri dan lainnya, untuk tahap kedua rencananya April, ” kata Kasrul di Ambon, Senin.

BACA JUGA:  Doni Monardo : Jangan Anggap Enteng Corona

Terdapat 14.548 tenaga medis yang terdaftar untuk menerima vaksin Covid-19. Mereka tersebar di seluruh kabupaten atau kota di Maluku. Selanjutnya, Pemprov Maluku akan mendistribusikan vaksin tersebut ke seluruh kabupaten dan kota. Pemprov juga menyosialisasikan pemberian vaksin kepada masyarakat.

“Pemprov Maluku sedang sosialisasi juga kepada masyarakat untuk vaksin, tenaga kesehatan juga sudah melakukan pelatihan untuk melakukan vaksin secara massal kepada masyarakat, ” ungkapnya (BB-YP)

 

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire