PWI Maluku Gelar UKW Didukung SKK Migas dan Kontraktor KKS

Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Maluku bekerjsama dengan SKK Migas Perwakilan Pamalu dan KKS Wilayah Maluku

BERITABETA.COM, Ambon – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku, Senin (4/11/2019) mengelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  dengan dukungan SKK Migas Perwakilan Papua – Maluku (Pamalu) dan Kontraktor KKS Wilayah Maluku.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Papua Maluku, Galih Agusetiawan dalam rilisnya yang diteriama beritabeta.com, Rabu (6/11/2019) menjelaskan,  SKK Migas Perwakilan Wilayah Pamalu serta Kontraktor KKS di Provinsi Maluku  memberikan kepada organisasi profesional kewartawan, untuk melakukan kegiatan UKW yang dilakukan PWI Provinsi Maluku, di Kota Ambon.

SKK Migas Perwakilan Pamalu menilai kegiatan seperti ini harus didukung dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi wartawan sehingga industri hulu migas bisa memiliki mitra kerja media yang profesional dan dapat sama-sama berkontribusi positif bagi pengembangan potensi migas di Maluku.

Sementara itu, Ketua PWI Maluku Izaac Tulalessy dalam sambutan pada pembukaan UKW menyampaikan terima kasih kepada SKK Migas Pamalu yang telah bekerja sama dengan PWI Maluku untuk melaksanakan kegiatan UKW bagi teman-teman wartawan di Maluku saat ini. Dimana seluruh verifikasi kelengkapan syarat keikutsertaan peningkatan kompetensi ini telah diperiksa oleh PWI.

Dinamika yang berlangsung dalam UKW di Ambon

“Mereka mengikuti kegiatan uji kompetensi untuk wartawan level kompetensi muda, sebagai syarat dasar untuk dapat dikategorikan sebagai profesi jurnalis,”jelas Izaac.

“Kami bersyukur SKK Migas menggandeng PWI untuk melaksanakan UKW di Kota Ambon yang mana pesertanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten SBT dan Kota Ambon. Apalagi kegiatan ini juga didukung oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama seperti INPEX, Citic dan Kalrez yang beroperasi di kabupaten tersebut,” jelasnya.

Dia berharap para peserta dapat memenuhi ketentuan UKW sehingga dapat meraih status kompetensi sesuai yang dipersyaratkan UU Pers yang ada. Kegiatan UKW ini, dilaksanakan terbagi menjadi 3 kelas, sesuai peraturan yang ada setiap kelas hanya dapat diikuti 6 wartawan yang ingin diuji.

Pembukaan UKW ini  juga diisi dengan pembekalan oleh Bpk. Kristanto Hartadi, Communication & External Affairs Advisor PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Kristanto yang sebelumnya pernah menjabat pemimpin redaksi Harian Sinar Harapan menekankan pentingnya pemahaman akan industri hulu migas di kalangan media.

Menurutnya, wartawan tidak akan bisa memberikan informasi yang akurat dalam tulisan-tulisannya jika mereka tidak memahami industri ini. Dukungan kali ini merupakan bentuk dukungan kepada mitra jurnalis.

“Diharapkan setelah lolos uji kompetensi ini, pemberitaan – pemberitaan yang komplit dan berimbang dapat terus dihasilkan, terutama sebagai fungsi advocacy bagi masyarakat Maluku,” tandasnya (BB-DIO).

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire