Ribuan Warga Kota Ambon Hadiri Dzikir dan Istighosah

Ribuan Warga Kota Ambon Hadiri Dzikir dan Istighosah
Dzikir dan Istighosah bersama yang digagas Pemerintah Provinsi Maluku untuk mendoakan keselamatan masyarakat Maluku dari ujian bencana alam, dihadiri ribuan warga Kota Ambon dipusatkan di Mesjid Raya Alfatah, Ambon, Jumat malam (11/10/2019). (FOTO: HUMASMALUKU)

BERITABETA.COM, Ambon – Ribuan warga Kota Ambon menghadiri Dzikir dan Istighosah (doa bersama) demi keselamatan Maluku dari bencana. Doa bersama yang digagas Pemerintah Provinsi Maluku itu dipusatkan di Mesjid Raya Alfatah, Ambon, Jumat malam (11/10/2019).

Sebelum dzikir dan dan doa bersama berlangsung, acara dibuka dengan doa yang dipimpin Imam Besar Masjid Raya Alfatah Ustadz R.R. Hasanusi, dilanjutkan dengan tausiyah dari Habib Rifqi Alhamid. Hasanusi saat membuka acara dzikir dan doa bersama, mengimbau agar masyarakat Maluku, khususnya umat Islam untuk senantiasa  mendoakan keselamatan daerah Maluku dari bencana.

Dikatakannya, kita selayaknya diuji oleh Allah SWT dalam setiap kehendakNya. Dengan suasana dan kondisi yang sedang dialami saat ini, kita kemudian sadari untuk berhimpun bersama-sama masyarakat, aparat pemerintah, aparat keamanan, para ulama, majelis taklim dan jamaah tarhim dalam ikatan iman untuk mengumandangkan pujian kepada Allah SWT.

“Mengenai situasi yang kita alami ini, mari kita memohon perlindungan dan keselamatan yang hanya berasal dari Allah SWT, dan dengan terus tawassul pada Rasulullah SAW,” ajaknya.

Ia mendoakan agar Allah SWT memberikan ketenangan pada hati masyarakat Maluku, terutama yang terdampak bencana karena gempa bumi yang berkali-kali terjadi, dan dirasakan sudah lebih dari seminggu ini. Diakunya, masih banyak masyarakat yang trauma dan ketakutan sehingga lebih memilih tinggal di tempat pengungsian.

“Jika bencana ini merupakan teguran atas kelalaian kami kepadaMu, kami mau menyatakan bahwa kami ingin kembali kepadaMu. Ampunilah kami ya Allah. Untuk itu kami berhimpun dalam rumahMu yang suci ini (Masjid Raya Alfatah, red) untuk berdzikir atas kesalahan dan dosa kami, dan meminta ampunan dan maaf dariMu,” ucap Hasanusi dalam doanya.

Sementara itu, Habib Rifqi Alhamid dalam tausiyahnya mengatakan, orang-oang beriman selalu menjadikan peristiwa apapun, sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah pembacaan doa dan tausiyah, acara dilanjutkan dengan dzikir dan salawat bersama yang dipimpin oleh Ustadz R.R. Hasanusi, Ustadz Abdurahman Tuanaya, Habib Rifqi Alhamid, Ustadz Abdullah Pattilouw, dan Ustadz Safril Majapahit.

Turut hadir dalam malam Dzikir dan Istighosah ini Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, Kepala Bea Cukai, serta para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku diantaranya, Kepala Dinas Sosial Sartono Pining, Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku Ismail Usemahu, Kepala Biro Umum Hadi Sulaiman, Kepala Biro Pemerintahan Jasmono, Kepala Dinas Kehutanan Sadlie Le, dan Kepala BPKAD Zulkifli Anwar. Ribuan masyarakat juga turut hadir mendoakan Maluku terhindar dari bencana alam. (BB-DIO)

Close Menu