BERITABETA.COM, Ambon – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 di kota Ambon berlangsung dengan penuh perhatian dan sinergitas.

Salah satu rangkaian kegiatan dalam perayaan ini adalah pemberian penghargaan kepada Satgas Yonif RK 732/Banau yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Penghargaan dari Pemprov Maluku kepada Satgas Yonif RK 732/Banau ini diserahkan langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam kegiatan yang berlangsung di  Aula Lantai 3, Kodam XVI/Pattimura, Senin (5/10/2020).

Selain dari Pemprov Maluku, penghargaan serupa juga diberikan Koops Dam XVI/Pattimura Satgas Yonif RK 732/Banau. Kedua penghargaan ini diberikan  karena satuan ini dinilai banyak mengukir prestasi dalam menjalankan aksi-aksi nyata di tengah masyarakat.

Kegiatan penyerahan penghargaan ini ikut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Provinsi Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, beserta PJU Kodam XVI/Pattimura, dan sejumlah pejabat lainnya.

Satgas Yonif RK 732/Banau diniali telah berhasil  dalam pelaksanaan penugasan daerah rawan (Pamrahwan) di Maluku tahun 2020. Dimana Satgas telah membantu menjalankan tugas pengamanan situasi kondusif yang terjalin di tengah masyarakat dengan baik sampai dengan pelaksanaan tugas pada bulan ke-10 ini.

Selain itu, personil Satgas Yonif RK 732/Banau juga sangat disiplin, dengan tidak ada data catatan pelanggaran, dikeranakan sudah tertanam dalam diri pribadi masing-masing bahwa mereka menjadi contoh, sehingga haram untuk berbuat pelanggaran sekecil apapun.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam kesempatan itu ikut menyampaikan berterima kasih kepada Satgas Yonif RK 732/Banau atas segala bentuk usaha dan upaya dalam membantu kesulitan rakyat di wilayah Maluku.

Gubernur Maluku juga memberikan apresiasi atas terobosan-terobosan yang dilakukan oleh Satgas Yonif RK 732/Banau yang diantaranya seperti Banau Moving Library, Pengobatan Door to Door, serta Kerja Bhakti yang dilaksanakan secara rutin dan konsisten.

“Semoga apa yang sudah diraih, diharapkan Satgas Yonif RK 732/Banau dapat mengharumkan Indonesia di jenjang yang lebih tinggi,” tandas Gubernur Maluku.

Menanggapi penghargaan yang diberikan, Dansatgas Yonif RK 732/Banau, Letkol Suhendar Suryaningrat menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan.

“Kami sangat berbangga, hal tersebut juga tidak lepas dari peran prajurit-prajurit Satgas Yonif RK 732/Banau yang selalu berbuat dengan sepenuh hati dan menjunjung tinggi nama satuan,” ungkapnya.

Suhendar menambahkan, apa yang dipercayakan kepada pihaknya tidak akan disia-siakan dan akan selalu ditingkatkan di penugasan berikutnya.

“Semoga Yonif RK 732/Banau kedepannya akan mengukir prestasi lebih banyak lagi,” harapnya (BB-DIO)