SKK Migas-KKKS Pamalu Bersama LPDS Umumkan Lomba Karya Tulis Jurnalistik

BERITABETA.COM, Ambon – SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayahnya, berkolaborasi dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar Lomba Karya Jurnalistik penulisan karangan khas (feature) kepada para jurnalis di Papua dan Maluku, sebagai upaya meningkatkan kecakapan dan ketrampilan menulis feature.

Kolaborasi antara SKK Migas – KKS Pamalu dengan LPDS ini merupakan wujud dari komitmen kedua lembaga untuk terus meningkatkan kompetensi bagi ketrampilan wartawan di kawasan Papua dan Maluku agar makin profesional, terutama saat di masa pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Perwakilan SKK Migas Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro, kolaborasi antara SKK Migas – KKKS Pamalu dengan lembaga profesional termasuk lembaga dan awak media merupakan perwujudan dari upaya untuk terus menambahkan wawasan bagi semua pemangku kepentingan agar dapat menginformasikan dan memberitakan pentingnya kelancaran kegiatan-kegiatan di sektor hulu migas.

“Lomba karya jurnalistik inilah yang menjadi wahana bagi peningkatan kapasitas wartawan agar makin profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan di era multimedia”, katanya.

Sementara itu,  Galih W. Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, mengatakan, Lomba karya tulis Jurnalistik diselenggarakan bersama dengan LPDS ini, secara khusus menulis feature.

“Ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para profesional jurnalis dan media, yang tanpa lelah terus membantu memberikan advokasi advokasi secara luas, kepada para stakeholder disekitar kegiatan industri hulu migas,” kata Galih.

Baik Rinto maupun Galih sama-sama menggarisbawahi bahwa kemampuan reportase menduduki porsi kompetensi yang menunjang dan mendukung penulisan berita dan feature yang mumpuni.

“Selain reportase baik dalam teknik pencarian berita maupun melakukan wawancara menjadi kompetensi yang aplikatif bagi operasional kerja kewartawanan, namun daya juang dan kemampuan mudah beradaptasi adalah kunci para profesional yang akan bertumbuh besar”, kata Galih menegaskan.

BACA JUGA:  Wagub Buka Dialog Teleconfrence Pemulihan Maluku dari Covid-19

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana menyatakan, “LPDS terus berkomitmen meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan baik teoritis maupun praktis, terlebih bagaimana para wartawan sekarang ini memahami dan menerapkan Kode Etik Jurnalistik dan UU ITE.”

“Tantangan bagi wartawan di era multiplatformn demikian besar, demikian variatif, sementara audiens mengharapkan konten-konten yang berkualitas saat mereka merespons pandemi Covid-19 ini,” kata Hendrayana di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Siap Berkompetisi

Sebanyak 44 karangan khas yang ditulis wartawan dari Papua dan Maluku selama periode Januari-Oktober 2020, berkompetisi dalam lomba karya tulis Jurnalistik yang merupakan kolaborasi antara SKK Migas – KKS Pamalu dengan LPDS.

Keempatpuluh empat karangan khas itu mengulas dan memfokuskan uraiannya dalam tema Kegiatan Hulu Migas Papua dan Maluku di Tengah pandemi Covid-19.

Adapun sub-temanya yakni Peran Hulu Migas membantu masyarakat dalam menanggulangi pandemi Covid-19, peran “stakeholder” dalam melancarkan operasional hulu migas selama pandemi Covid-19, operasional kegiatan hulu migas dalam mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19.

Selain lomba penulisan feature, panitia dari SKK Migas-KKKS Pamalu dengan LPDS menyertakan kategori lomba bagi sahabat jurnalis yang aktif memberitakan kegiatan hulu migas, dan bagi Media yang dinilai aktif memberitakan kegiatan hulu migas.

Siapa Pemenang?

Tim juri lomba setelah mengadakan rekapitulasi memutuskan bahwa pemenang Lomba karya tulis Jurnalistik (feature) yakni:

– Juara 1 (Nilai 84,5) : Tantowi Djauhari / teropongnews.com, Sorong

– Juara 2 (Nilai 80,5) : Wahyudi / LPP RRI Sorong, Sorong

– Juara 3 (Nilai 78) : Syarafudin Pattisahusiwa / beritabeta.com, Ambon

– Harapan I (Nilai 77): Zairin Salampessy / satumaluku.id, Olha Irianti / Sorongnews.com, Tantowi Djauhari / Teropongnews.com

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada sahabat jurnalis untuk katagori yang aktif memberitakan kegiatan hulu migas adalah:

BACA JUGA:  Yayasan SOR SILAI Dukung Kegiatan SKK Migas-KKKS di Saumlaki

– Juara 1 (Nilai 14,25) : Bustam / klikpapua.com, Manokwari

– Juara 2 (Nilai 12,25) : James Ayal / AntaraNews, Ambon

– Juara 3 (Nilai 11,25) : Simon Lolonlun / dharapos.com, Tanimbar

– Harapan I (Nilai 9,25): Hamdi Jempot / terasmaluku.com, Tantowi Djauhari / teropongnews.com

– Harapan II (Nilai 8,75): Laura Sobuber / Lelemuku.com

Pemenang Penghargaan kategori media yang dinilai aktif memberitakan kegiatan hulu migas diraih oleh:

– Juara 1 (Nilai 6,45) : Antaranews Maluku

– Juara 2 (Nilai 6,15) : Dharapos.com

– Juara 3 (Nilai 5,4) : Klikpapua.com

– Harapan I (Nilai 4,95): terasmaluku.com, dan teropongnews.com

Sebagai informasi hadiah dan Penghargaan bagi Pemenang Lomba menulis feature:

Pemenang I: Rp. 20.000.000

Pemenang II: Rp. 17.500.000

Pemenang III: Rp. 15.000.000

Pemenang Harapan I: Rp. 5.000.000

Penghargaan bagi sahabat jurnalis dan media:

Total hadiah penghargaan sebesar Rp. 28.500.000 – bagi sahabat jurnalis yang aktif memberitakan kegiatan hulu migas.

Total hadiah penghargaan sebesar Rp. 24.000.000 – bagi Media yang dinilai aktif memberitakan kegiatan hulu migas (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire