Viral di Medsos, Penumpang KM Chantika di Maluku Buang Sampah ke Laut

Tindakan tidak terpuji yang dilakukan dua penumpang KM Chantika 10c, dengan membuang sampah ke laut di perairan Maluku. Aksi ini menjadi viral di media sosial facebook dan mendapat kecamatan sejumlah pihak (FOTO: Istimewa)

BERITABETA.COM, Ambon – Tindakan tidak terpuji dilakukan dua orang penumpang KM. Chantika 10c, dengan membuang sampah ke laut.  Aksi membuang sampah di laut Maluku ini menjadi viral di media sosial facebook. Dan menuai kecamatan sejumlah kalangan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, aksi tidak terpuji ini membuat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, langsung menginterogasi anak buah kapal (ABK) KM Chantika 10c.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) Kementerian Perhubungan, perilaku tersebut bukan dari ABK, tapi penumpang yang diduga kecewa atas minimnya ketersediaan air bersih di atas kapal.

Ini terungkap setelah 17 ABK diperiksa oleh 10 orang PPNS KSOP Kelas I Ambon, Polairut, dan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan yang sedang bertugas di Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku.

“Tidak ada satupun ABK yang sesuai dengan foto, atau video yang beredar di media sosial tersebut,” tulis DJPL dalam laman resminya.

KSOP Kelas I Ambon, Yefri Meidison, dalam keterangan tertulisnya yang diperoleh Rabu (25/12/2019), memaparkan, kejadian itu dilakukan oleh penumpang KM Chantika 10c rute Wulur – Ambon.

“Mereka kecewa karena air bersih di atas kapal minim, akibat kerusakan sistem suplai kapal,” katanya.

Ia mengaku menyayangkan penumpang yang memfoto kejadian tersebut dan menyebarkan dengan nada provokasi.

“Seakan-akan kejadian itu dilakukan oleh ABK KM. Chantika 10c,” sesal Yefri.

Padahal, lanjut Yefri, saat ini pemerintah serta operator pelayaran tengah melindungi lingkungan maritim dari sampah di laut.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Yefri, KSOP Ambon meminta operator kapal membuat surat pernyataan, agar hal ini tidak terulang kembali.

Khusus untuk ABK KM. Chantika 10c, diimbau selalu meningkatkan pengawasan terhadap tindakan para penumpang, yang membahayakan atau merugikan pihak kapal.

BACA JUGA:  Gubernur Maluku Pimpin Apel Hari Amal Bakti ke-74 Kemenag

“Saat ini supply air bersih di kapal KM. Chantika 10c sudah diperbaiki, dan KSOP Ambon meminta agar operator menyediakan 70 ton air bersih dari yang biasanya hanya 50 ton,” jelasnya.

Sekadar diketahui, dari foto yang tersebar di media sosial, nampak dua orang pria berkaus putih dan merah secara bersamaan membuang sampah, yang berada di tong sampah ke laut. (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire