Belanja Online di Masa PSBB, ‘Prepare’ Ambon Menuju ‘Smart City’

Novita Irma Diana Magrib, ST. MT. IPM (Akademisi Universitas Kristen Indonesia Maluku )
Novita Irma Diana Magrib, ST. MT. IPM (Akademisi Universitas Kristen Indonesia Maluku )

Oleh : Novita Irma Diana Magrib, ST. MT. IPM (Akademisi Universitas Kristen Indonesia Maluku )

PANDEMI corona dan kebijakan physical distancing membuat banyak orang berbisnis online shop dan masyarakat semakin marak berbelanja secara online. Menurut situs www.internetworldstats.com, meningkatnya populasi penduduk dan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, membuat internet menjadi salah satu fasilitas media yang banyak digandrungi.

Internet tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, namun sudah  memunculkan fenomena baru dalam proses jual beli barang melalui penjual online atau online shop tersebut.

Hanya dengan membuka website para pembeli sudah dapat melihat produk yang ditawarkan. Kemudahan dalam mengakses internet tersebut membuat online shop saat ini menjadi pilihan alternatif dalam berbelanja.

Belanja online akhirnya kini menjadi trend baru berbelanja disaat kurva pandemi corona belum melandai. Trend baru ini juga sekaligus “mendukung”  Kota Ambon yang sedang bermetamorfosis menjadi “The Smart City” atau Kota Cerdas.

Kota yang mengarah pada pengembangan IT itu dilakukan dengan tujuan agar seluruh masyarakat Kota Ambon dapat dengan mudah mengakses internet bukan hanya kepada mereka yang berekonomi mapan, tetapi bagi seluruh masyarakat sampai pada elemen paling bawah.

Seluruh jaringan dan akses internet kepada masyarakat nantinya semakin diperbanyak, bukan hanya pada sekolah dan perguruan tinggi atau instansi pemerintah, tetapi diseluruh kawasan pemukiman warga akan dibangun akses jaringan internet, sehingga seluruh masyarakat dapat mengaksesnya.

Karena itu sebagai bagian dari upaya pemerintah mewujudkan kota Ambon sebagai “The Smart City” atau kota cerdas, pemerintah kota Ambon telah meluncurkan platform digital Ambon@ccess untuk memberikan solusi dan membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada, serta memberikan informasi dan memperbaiki layanan publik. Ini sesuai dengan visi Kota Ambon yang akan mengembangkan kekuatan ekonomi berbasis digital dan kerakyatan yang berkesinambungan.

BACA JUGA:  Senjakala Medsos dan Kesadaran Generasi Milenial

Situs Ambon@ccess dibuat untuk dapat memberikan solusi dan membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada sehingga memberikan informasi yang tepat untuk tata kelolanya, dengan tujuan meningkatkan efisiensi, memperbaiki layanan publik, serta sebagai alat untuk melakukan transaksi apa pun, di mana pun dan kapan pun.

“Situs Ambon@ccess juga memungkinkan pebisnis lokal mendapatkan akses ke pasar domestik dan internasional untuk mempromosikan produk-produk seni, budaya, makanan, kerajinan tangan dan destinasi-destinasi pariwisata kota Ambon lainnya”, kata Richard Louhenapessy Wali Kota Ambon.

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire