BERITABETA.COM, Ambon – Ratusan pedagang yang beraktivitas di pasar Mardika, Kota Ambon, antusias mengikuti vaksinasi massal Covid 19 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Kamis, (18/3/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Pasar Mardika ini, diikuti sekitar 500 orang.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat meninjau lokasi kegiatan, mengaku tidak menyangka animo pegadang begitu tinggi untuk menerima vaksin Covid-19.

Diduga, antusiasme pedagang meningkat karena dampak vaksinasi tidak berbahaya, telah disampaikan dari mulut ke mulut oleh mereka yang telah divaksin.

“Kemarin kita sempat ragu, jangan sampai tidak banyak yang mau divaksin, ternyata antusias pedangang luar biasa, sehingga kita akan tambah lagi untuk melayani para pedagang di tempat ini,” kata Walikota kepada wartawan.

Menurut Walikota, kegiatan vaksinasi bagi pedagang pasar akan dilakukan pada semua pasar di Kota Ambon secara bergiliran, agar tidak mengganggu aktivitas pedagang dalam mencari nafkah.

Walikota menjelaskan selain para pedagang pasar, sopir – sopir angkutan kota (angkot) juga turut divaksin.

“Sopir – sopir angkot juga kita vaksin, dan pada gilirannya sopir taksi online, sopir taksi bandara, juga akan menerima vaksin yang sama,” jelasnya Walikota.

Dikatakan, Pemkot Ambon, sangat serius dengan upaya vaksinasi massal untuk menghentikan penyebaran Covid-19 ini. Dimana semakin banyak orang yang menerima vaksin, semakin cepat pula terbentuk kekebalan kelompok atau Herd Immunity.

“Nanti akan kita sweeping, kalau ada sopir yang tidak menujukan kartu vaksinasi, maka akan kita hentikan aktivitasnya mengangkut penumpang,” jelasnya.

Secara khusus Walikota memberi apresiasi kepada tenaga kesehatan (nakes) Kota Ambon yang melayani vaksinasi massal tanpa kenal lelah. Juga kepada Wartawan yang selalu mensosialisasikan vaksinasi aman dan halal bagi masyarakat lewat media masing – masing

“Tuhan merestui upaya dan usaha nakes yang sudah sangat menikmati tugas mereka tanpa istirahat dari pagi hingga sore, begitupun dengan para wartawan yang telah mensosialisasikan vaksin aman, vaksin halal kepada masyarakat” tandasnya.

Sementara secara terpisah, salah seorang pedagang Salem Sopal mengaku sangat mendukung kegitan vaksinasi massal yang dilakukan Pemkot Ambon ini.

“Untuk kebaikan tentunya kita sangat mendukung. Program vaksinasi massal ini sangat positif, karena efeknya untuk kebaikan semua orang. Apalagi ini terkait dengan kesehatan, maka patut diapresiasi,” tandasnya.

Salem mengaku, banyak efek positif yang akan diterima pedagang selaku pelaku usaha di pasar, karena dengan vaksinasi massal ini, proses transaksi di pasar akan lebih bergeliat, karena semua pihak akan merasa aman.

“Warga tidak akan takut lagi untuk mengunjungi pasar sebagai pusat transaksi, pedagang pun tetap aman karena sudah punya kekebalan. Dan pastinya ini akan berpengaruh kepada peningkatan ekonomi keluarga dan warga kota Ambon pada umumnya,” tutupnya (BB-DIO)