Kategori: Editorial Posts

Kita Serupa ‘Lebah’ di Dunia Maya

Tanpa sadar media sosial yang dibangun dengan mengambil konsep ‘kerangka sarang lebah’ dengan prinsip kerja tujuh bangunan blok fungsional itu, malah benar-benar seperti dihuni oleh ‘lebah’ yang bernama netizen.  

Ambon dari Variola Hingga Covid-19

Terlepas wabah Covid-19 yang terjadi saat ini, kota Ambon sepertinya bukan baru pertama kali dilanda wabah sekelas Covid-19 ini. Dalam beberapa literatur telah mencatat, kota yang dulu dikenal dengan Nusa Aponno ini, ratusan tahun silam  pernah dilanda wabah serupa.

Jangan Mudik, Contohi Sikap Umar Bin Khattab

Umar mengadakan perjalanan dari Madinah menuju Syam bersama para Sahabat-sahabat Nabi Muhammad.  Dengan maksud untuk menguatkan pasukan Muslimin di sana dan membagi harta warisan para shahabat, setiba di Sargh, sebuah perkampungan ke arah Syam di penghujung wilayah Hijaz, Umar berjumpa dengan rombongan Abu Ubaidah al-Jarrah.

‘Empat Puluh Hari’ di Dubrovnik

Kata ‘karantina’ berasal dari quarantena, bentuk bahasa Venesia yang berarti "Empat Puluh Hari". Istilah ini diambil  dari isolasi kapal selama 40 hari dalam rangka praktik pencegahan penyakit pes yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis.

“Corona di Benteng Kerajaan”

Seperti itulah apa yang terjadi saat ini. Wabah virus Corona (COVID-19) telah membawa kita harus masuk ke dalam semesta mikro yang kerap kita abaikan di separuh hidup kita.

Virus Corona dan Hoaks yang Mendunia

Faktanya hari ini, publik di dunia, seakan kembali dibawa pada cerita masa silam tentang kisah ‘Batu China’ yang pernah dilakukan tokoh dunia Benjamin Franklin pada tahun 1745.

‘Physical Distancing’ dan Sejarah ‘Black Death’

WHO menganjurkan penggantian penggunaan frasa social distancing menjadi physical distanding. WHO berdalih penggunaan frasa ini untuk mengklarifikasi perintah untuk berdiam diri di rumah demi mencegah virus Corona, bukan berarti kita memutus kontak dengan teman atau keluarga secara sosial.

Gaya ‘Silat’ Viktor Laiskodat Memancing Veto Jokowi

Viktor Bungtilu Laiskodat membuat publik Maluku meradang. Viktor sesumbar mengklaim daerah yang dipimpinnya akan mendapat jatah participating interest (PI) atau hak partisipasi bagi daerah 10% pengelolaan Blok Gas Masela yang akan dimulai pada tahun 2025 mendatang.

Upu Jokowi, Kami Rindu Pantunmu

Upu Bonifaxius Silooy, Ketua Majelis Latupati Maluku, dengan sigap memasang jubah kebesaran, kain ikat pinggang, kain bahu, mahkota kebesaran (kapatesi) dan juga tongkat adat kehormatan lengkap di badan, sebagai penanda penganugerahan gelar adat dari kami rakyat Maluku.

Stunting, Salmiah Pun Salah

Di kampung jika ada anak yang postur tubuhnya pendek dari anak-anak lainnya, sering dibilang KOTEL. Orang zaman itu kemudian memaklumi kondisi anak demikian dengan berasumsi bahwa mungkin karena pengaruh turunan  (gen). Ketika postur kedua orang tuanya terlihat kekar dan tinggi, kemudian ada pula asumsi lain, mungkin si anak mewarisi gen dari kakek, nenek atau moyangnya.  […]

Politik Sedari Dulu Sudah Begitu

Kuntowijoyo, seorang sastrawan dan intelektual Muhammadiyah pernah menulis sebuah cerita pendek (cerpen). Dia bercerita tentang seorang pengusaha konveksi berusia 37 tahun bernama Sutarjo yang mencalonkan diri menjadi kepala desa di Jogjakarta. Rivalnya adalah seorang pensiunan TNI. Dalam pemilihan, Sutardjo memakai tanda gambar ‘padi’ dan sang pensiunan kapten memakai tanda gambar ‘senapan’. Sutardjo adalah warga Muhammadiyah. […]

“Merebut” Simbol Putih di “Injury Time”

PERJUANGAN di ranah politik selalu identik dengan warna.  Seperti yang disebutkan dalam buku “The Politics of Dress in Asia and The Americas,” busana memang kerap menjadi perwakilan simbol, identitas, dan pernyataan politik pemakainya. Disadari atau tidak, para tokoh politik dan figur tertentu menggunakan pakaiannya sebagai sarana kampanye dan pernyataan politik. Warna sepertinya sudah menjadi identitas […]

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire