Rubrik: Editorial

Jambu Mete di Ujung Masa Jabatan

Pemerintah Provinsi Maluku sepertinya masih terus semangat melakukan penjajakan kerjasama dengan sejumlah investor. Hampir semua sektor telah dijejaki, terakhir sektor perkebunan jadi incaran yang belum pupus dilakukan.

Misteri Petrus di Saparua yang Tak Terungkap

Aksi petrus pertama kali terjadi pada Selasa, 6 Januari tahun 2015. Saat itu warga Siri sori Islam bernama Rafsanjani Lestaluhu, menghembuskan nafas terakhirnya di hutan kawasan perbatasan. Korban ditembak orang tak dikenal saat hendak memanen cengkih.

Kebijakan Penanganan Stunting

Suara-suara kritis anggota DPRD Maluku tetiba menjadi nyaring menyoroti masalah ini. Padahal, persoalan penanganan stunting sudah ada sejak dua tahun silam.

Lekangnya Minyak Tanah di Tanah Raja-raja

Sungguh ini sebuah elegi. Sejarah mencatat tanah kita bukan saja dikenal sebagai The Spicy Island, pulau penghasil rempah terbesar di dunia. Tapi juga isi perut bumi Maluku telah lama digarap untuk kepentingan Negara. Sudah seabad lebih Nusa Ina menghasilkan minyak mentah.

Petaka dari Laut, Siapa yang Salah?

Ala bisa karena biasa. Peribahasa usang ini dapat dipakai untuk menggambarkan kondisi transportasi laut di daerah pulau-pulau yang ada di Maluku. Banyak rentetan peristiwa kecelakaan yang terjadi. Tapi sama sekali tak ada upaya perbaikan.

Wara-wiri dan ‘Janji Manis’ Ambon New Port

Tak salah jika srikandi Maluku itu menyebut pemerintah telah membohongi rakyat Maluku. Terlepas dari jadi tidaknya proyek yang dilebeli strategis nasional itu, tapi faktanya, isu Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional sudah terlanjur  dijanjikan kepada masyarakat Maluku.

Tutup Kasus Dugaan Korupsi ala Kejaksaan di Maluku

Beberapa kasus atau perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor), dan dugaan gratifikasi yang kami ulas disini yakni sempat getol ditangani oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, dan menjadi sorotan atau konsumsi publik di Maluku.

Trotoar Menjelma Jadi ‘Dodeso’ ?

Semua mata melotot, marah. iba dan gusar akan peristiwa tersebut. Bagaimana mungkin kawasan yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan  aman  bagi pejalan kaki, bisa berubah menjadi erena beresiko?

Berburu Penyeleweng Duit Rp5,3 Miliar

Prinsip keadilan hukum harus menjadi hal yang utama dalam setiap upaya penegakan hukum yang dilakukan dengan cara menimbang antara kepastian hukum dan kemanfaatan hukum, serta menyeimbangkan yang tersirat dan tersurat berdasarkan hati nurani.