Rubrik: Opini

Analisis Pasca Pemilu: Momen Penentu Bagi Indonesia

Pemilu baru-baru ini telah menghasilkan beragam pandangan dari berbagai kalangan. Namun, satu kesepakatan yang harus diakui adalah bahwa masa pasca- pemilu menjadi momen yang krusial bagi arah politik dan ekonomi Indonesia.

Orang Muda, Politik dan Demokrasi

Anak muda sangat dibutuhkan bagi kemakmuran bangsa, para kaum muda ini diharapkan mempunyai ide-ide yang kreatif untuk bisa merubah bangsa ini menjadi  lebih baik.

Black Campaign dan Negatif Campaign

Pasal 1 angka 35 Undang-Undang Pemilihan Umum menyatakan Kampanye Pemilu adalah kegiatan Peserta Pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh Peserta Pemilu untuk meyakinkan Pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan/atau citra diri Peserta Pemilu.

Tembak Mati Para Begal

Istilah begal belakangan ini populer pasca diucapkan Bobby Afif Nasution, Walikota Medan. Meski masih kalah dengan istilah “cawe- cawe” yang dilontarkan mertuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Murad Ismail, Gubernur Fenomenal dan Kontroversial

Murad Ismail, yang dikenal sebagai Gubernur Maluku hasil Pemilukada 2019, adalah sosok Gubernur yang selalu mengukir sejarah dalam periode kepemimpinannya, terlepas dari apakah itu positif atau negatif sangat tergantung dari cara kita rakyat Maluku memandangnya.