Kategori: Opini Posts

Almudatsir Sangadji

Sanksi Tegas dan Nasib Pemilihan 2020

Fenomena arakan massa saat pendaftaran bakal pasangan calon dalam Pemilihan  2020 dari 4-6 September 2020  di hampir semua daerah dari 270 daerah, menuai banyak kecaman karena dapat menimbulkan klaster massal penyebaran Covid-19.

Pilkada SBT, Ada ‘Hantu’ Bernama Figuritas

Sketsa pertarungan dengan dominasi rivalitas inilah yang membuat menarik Pilkada SBT untuk disimak. Saat ini keduanya kembali tampil, meskipun Abdullah Vanath tidak lagi menjadi lakon utama, namun perannya menjadi coach,  cukup  menambah sengitnya pertarungan di Pilkada SBT mendatang.

Mengamati ‘Puzzle’ Kekuatan Politik di Pilkada SBT

Kehadiran tiga kekauatan baru ini, tentunya cukup menarik untuk disimak. Terutama dengan pecah kongsi pasangan Mukti Keliobas – Fachri Husni Alkatiri (MUFAKAT) yang memimpin di periode ini, akan lebih membawa kita pada pengamatan yang lebih rumit.

Rudy Rahabeat (Pendeta GPM)

85 Tahun GPM dan Wacana Pesan Tobat  Kedua

Sejarawan GPM, Pdt Johan Saimima mengingatkan siklus 60 tahunan sejarah Pesan Tobat. Pada tahun 1960 GPM pernah mengeluarkan sebuah pesan gembala yang dikenal dengan Pesan Tobat. Inti dari pesan itu adalah seruan kepada seluruh pelayan dan umat GPM untuk kembali ke jalan yang benar.

Menatap Koon, Ikon Destinasi Wisata Bahari di SBT

SBT memiliki banyak potensi wisata, seperti wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah dan budaya, yang dapat dikembangkan untuk menopang pembangunan daerah serta mendorong tumbuhnya sektor turunan berbasis UMKM dan industri rumah tangga.

Faisal Amin Mamulaty  (Komisioner KPU Kabupaten Buru)

Tantangan Demokrasi  Vs  Politik Dinasti

Politik dinasti dapat diartikan sebagi pisau bermata dua. Artinya, di satu sisi, praktik politik dinasti merampas hak orang lain karena berpotensi menggunakan cara-cara yang tidak benar yang melanggar prinsip demokrasi dan hak asasi manusia.

Mempertegas Mentalitas Kita Menyongsong Hari Kemerdakaan

Napoleon mengatakan, “Di dalam memenangkan masa depan, 2/3 ditentukan oleh mentalitas dan karakter kita, dan hanya 1/3 ditentukan oleh materialistik dan man of power”. Artinya, sebesar apapun pendapatan kas kita, tapi jika mental kita pesimis, maka tidak ada perubahan yang berarti.

Rusman Dani Rumaen (Mahasiswa S2 Universitas Pattimura Prodi Pendidikan Biologi

Potret Pendidikan Maluku Tengah Masa Pandemi

Sistem pembelajaran yang semula tatap muka di dalam kelas, kini telah masuk pada sistem pembelajaran yang terkoneksi melalui jaringan internet. Pembelajaran online menghubungkan peserta didik dengan segala infrastruktur ilmu pengetahuan, dari sumber data dan perpustakaan berbasis online.

M. Saleh Wattiheluw, MM (Pemerhati Masalah Ekonomi Maluku)

Menyongsong 75 Tahun NKRI, Mau Dibawa Kemana Maluku?

Fakta-fakta kekayaan Maluku dimaksud mulai dari dari aspek historis Maluku, yang meliputi : potensi perikanan, pertambangan, kehutanan serta sejumlah fenomena yang lewat berbagai kebijakan Negara terkait ekspolorasi, eksplotasi sumberdaya alam sejak masa lalu hingga kini.

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire