Absennya “Palang Pintu” Maluku di Timnas Indonesia

Rezaldi Hehanussa

BERITABETA.COM – Mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla Aspas, menanyakan kondisi mantan anak asuhnya, Rezaldi Hehanussa. Rezaldi Hehanussa baru saja menjalani operasi cedera tumit di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang, Selasa (18/2/2019).

Operasi tersebut ditangani oleh Dokter Sapto Adjie dan Dokte Tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan. Manajemen Persija Jakarta mengambil keputusan untuk melakukan operasi kepada Rezaldi Hehanussa karena cedera tersebut sudah diderita sejak tahun lalu. Akibat cedera itu, Rezaldi harus melewatkan sejumlah turnamen besar seperti Piala AFF 2018 dan Kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

”Terima kasih semuanya sudah mendoakan saya. Terima kasih juga untuk Dokter Sapto dan Dokter Donny,” ucap pria yang akrab disapa Bule tersebut.

Unggahan tersebut langsung direspons oleh rekan-rekan Bule termasuk mantan pelatih timnas Indonesia, Luis Milla. Luis Milla turut menanyakan kondisi Rezaldi melalui kolom komentar. “Temanku, apa yang terjadi?” tulis Luis Milla di kolom komentar.

Respon Luis Milla pun langsung dijawab oleh Rezaldi selang beberapa saat. “Masalah di tumit, coach,” kata Rezaldi menanggapi.

Rezaldi memang salah satu pemain kesayangan Luis Milla di timnas Indonesia. Sejak timnas Indonesia ditangani Luis Milla, Rezaldi Hehanussa nyaris tak pernah absen membela skuat Garuda.

Pasca-operasi, bek berusia 24 tahun itu harus menepi selama kurang lebih 8 bulan. Rezaldi juga langsung mengabarkan kondisinya melalui akun Instagram seusai menjalani operasi. ”Alhamdulillah operasi saya berjalan dengan lancar,” kata Rezaldi Hehanussa.

Rezaldi Hehanussa dipastikan tidak akan memperkuat Persija Jakarta di Piala AFC 2019. Sebab, Rezaldi Hehanussa harus absen selama enam bulan ke depan karena baru saja melakukan operasi pada bagian tumitnya.

Sebelumnya, Rezaldi Hehanussa memang sudah tidak bisa membela Persija Jakarta pada babak play off Liga Champions Asia 2019. Posisinya di bek kiri digantikan oleh Dany Saputra. CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus mengatakan, mereka memutuskan tidak mendaftarkan Rezaldi Hehanussa di Piala AFC 2019.

BACA JUGA:  Ditunjuk Jadi Moderator Debat Perdana Pilpres 2019

Ferry Paulus ingin Rezaldi Hehanussa bisa fokus penyembuhan cedera itu dan bisa cepat kembali memperkuat Macan Kemayoran.

Selebrasi pemain Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Tampines Rovers pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (28/2). Tiga gol Marko Simic dan satu gol dari Rezaldi Hehanusa mengantarkan Persija Jakarta menang 4-1 atas Tampines Rovers.

Sang Penjaga Tradisi Maluku di Timnas

Selama ini Pulau Maluku dan Ternate pada khususnya tidak bisa dilepaskan dari sepakbola nasional. Setiap tahun di semua level umur selalu ada nama – nama pemain handal dari pulau cantik di Indonesia timur tersebut.

Salah satu yang kini terus menjaga tradisi Maluku di Timnas adalah full back tangguh Rezaldi Hehanussa. Yang kini tengah berjuang di pentas SEA Games 2017 bersama Garuda Muda U-22.

Timnas Indonesia U-22 berhasil melenggang ke fase putaran semi final setelah berhasil menuai tiga kali kemenangan dan dua kali imbang dari lima laga yang telah dijalani di ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

Tentu pencapaian tersebut tak lepas dari salah satu sosok sentral yang menjaga ketebalan lini belakang skuad Garuda yakni Rezaldi Hehanussa.

Pemain berposisi bek kiri tersebut bisa dikatakan pantas menjadi salah satu pemain terbaik Timnas Indonesia U-22. Seperti pencapaiannya pada laga Indonesia versus Vietnam, Selasa (22/8/2018). Aksi dia meredam serangan Vietnam patut diacungin jempol.

Menurut statistik Labbola, dalam laga tersebut Rezaldi berhasil menghalau bola sebanyak sembilan kali sepanjang 90 menit, Jumlah itu terbanyak di tim dari seorang pemain timnas sepanjang pagelaran SEA Games.

BACA JUGA:  Eric Yuan, Pendiri Zoom dengan Kekayaan Rp 92 Triliun

Kemampuan impresifnya membaca arah serangan Vietnam terlihat dari tiga intersep yang ia catatkan. Keterlibatannya dalam aksi-aksi defensif timnas juga terpampang dengan ia mencatatkan 6 tekel sukses sepanjang pertandingan.

Penampilan apik yang dimiliki Rezaldi ini tentu tak lepas dari kecintaannya dengan sikulit bundar sejak kecil. Pemain berwajah bule berdarah Maluku yang lahir di Jakarta pada 7 November 1995 yang saat ini bermain di klub  Persija Jakarta terkenal gigih dan memiliki semangat juang tinggi. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor pelatih Luis Milla meminati jasanya.

Bakatnya terus berkembang sejak duduk di bangku kelas lima sekolah dasar. Kala itu, Rezaldi bergabung bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Akademi Sepakbola Intinusa Olah Prima (AS-IOP), yang dirintis Almarhum Ronny Pattinasarani dan Urias.

Bersama dua pelatih asal Maluku ini, Rezaldi di asuh hingga duduk di bangku kelas dua SMP. Setelah itu, Rezaldi kembali bergabung dengan SBB Villa Pamulang Tangerang di tahun 2.000 silam.

“Anak ini (Rezaldi), memang dari kecil sangat gigih dalam berlatih. Dia rela meninggalkan apa saja demi bermain bola. Rezaldi dulunya gabung bersama Almarhum Ronny Patinasarani, di SSB AS-IOP,” kata Harjo Hehanussa, ayah Rezaldi.

Rezaldi yang kini berusia 21 tahun mulai merintis karirnya sebagai pemain sepakbola professional sejak 2015 lalu. Saat itu, Rezaldi mengikuti Turnamen Bupati CUP dan Portuna CUP, membela Kabupaten Tangerang Selatan (Tangsel).

“Dari situlah Rezaldi memulai karirnya sebagai pemain sepakbola professional. Dan pada akhir tahun 2015 lalu, Rezaldi ikut seleksi Persija Jakarta bersama 45 orang temannya. Lima orang diantaranya lolos, termasuk anak saya, Rezaldi,” tutur Harjo.

Karena Marinus, Luis Milla Sampai Harus Minta Maaf Kepada Kamboja

BACA JUGA:  Mengenal Lebih Dekat Sosok M. Azis Tunny (Bagian I)

Dimasa kanak-kanaknya, pemain yang identik bernomor punggung 28 ini memang ingin terkenal seperti ayahnya, seorang anggota TNI, yang juga mantan atlet nasional di tahun 90-an. Untuk mencapai hal tersebut orang tua Rezaldi berharap masyarakat Indonesia terus memberikan dukungan terbaiknya kepada putranya tersebut dan juga Timnas Indonesia U-22.

“Saya juga berharap, dukungan dan motivasi dari masyarakat Maluku terus mengalir untuk Rezaldi agar terus mengharumkan nama Maluku dan Indonesia di kanca persepakbolaan nasional,” ujarnya. (berbagai sumber)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire