Alif Ba Ta, Gitaris Fingerstyle yang Fenomenal di Dunia Maya

Alif Gustakhiyat
Alif Gustakhiyat

BERITABETA.COM – Kalau menyebut nama Alif Gustakhiyat, pasti banyak yang tidak tahu siapa yang dimaksud. Tapi kalau saya menyebut Alip Ba Ta fingerstyle, paling tidak ada 2 juta orang yang hobi nonton YouTube tahu siapa yang saya maksud.

Alif, adalah seorang youtuber yang cukup fenomenal di dunia per-YouTube-an. Bergabung sebagai youtuber sejak Januari 2018 dengan channel Alip_Ba_Ta, dalam waktu 2,5 tahun subscribernya sudah lebih dari 2,2 juta.

Siapa sebenarnya bang Alif ini dan di bagian mana fenomenalnya selain dari jumlah subscriber yang dimilikinya?

Bang Alif adalah seorang youtuber dengan konten video fingerstyle. Dia memainkan lagu memakai gitar akustik dengan gaya fingerstyle. Banyak sebenarnya gitaris fingerstyle di YouTube, baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu yang membedakan dengan gitaris fingerstyle kebanyakan yang memainkan atau mengcover lagu hanya dengan “apa adanya” atau berusaha memainkan lagu tersebut semirip mungkin dengan lagu orisinalnya, Alif selalu menambahkan ciri khasnya sendiri di setiap lagu yang dia mainkan dengan tampilan apa adanya.

Sebatang rokok yang kadang-kadang masuk di scene video, kopi sachet, asbak dari kaleng bekas biskuit, gitar yang tersambung dengan perekam (recorder) untuk mengambil suara petikan gitarnya, “studio” kontrakan rumah yang dindingnya bercat lusuh (pada awal penampilannya, berhias poster pelajaran berhitung), dan tentu saja topi yang meyakinkan penontonnya kalau dia sudah mandi.

Kata orang bijak, “Jangan menilai buku dari sampulnya”. Penampilannya jauh dari kesan jago memainkan gitar, tak meyakinkan buat orang yang baru pertama kali menonton videonya.

Tapi begitu jemari “lentik” pria pemilik channel Youtube Alif Ba Ta itu menari di atas senar enam, pasti bikin siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

BACA JUGA:  Kritik Wiranto, Langkah Sa’adiah Uluputty Seperti Rashida di AS

Begitulah. Pria kelahiran Ponorogo 31 tahun lalu bernama lengkap Alif Gustakiyat yang sehari-hari berprofesi sebagai supir forklift di sebuah perusahaan, populer di Youtube dengan channel Alif Ba Ta.

Channel berisi tentang permainan gitar finger style yang meng-cover lagu-lagu apa saja itu punya 2 juta pelanggan lebih yang juga aktif berkomentar, dengan rata-rata tiap postingan sampai 1 juta kali tayang.

Lagu-lagu dari grup band super seperti Hotel California-nya Eagle, Bohemian Rhapsody dan Love of My Life-nya Queen, Sweet Child O Mine-nya Gun’s and Roses, It’s My Life-nya Bon Jovi, You and I-nya Scorpion, Numb-nya Linkin Park sampai lagu-lagu pemusik Tanah Air seperti Iwan Fals, Andre Hehanusa serta grup band Indonesia kayak Gigi, Dewa-19, lagu-lagu daerah bahkan lagu-lagu perjuangan. Semua dimainkan dengan fasih oleh Alif laksana seorang maestro gitar lulusan akademi musik internasional.

Tak ayal, video permainan gitarnya pun banyak dikomentari dan dijadikan ajang “first reaction” Youtuber-Youtuber dalam maupun luar negeri. Membuat orang-orang makin penasaran dan mencari sumber video aslinya. Seolah tak percaya kalau gitaris yang mereka saksikan ada seorang supir forklift.

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire