Ini Cerita Dorries, Menkes Inggris yang Terpapar Virus Corona

Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries

BERITABETA.COM – Nadine Dorries, Menteri Kesehatan Inggris, dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 pada Selasa (10/3/2020). Politisi Partai Konservatif ini adalah anggota kabinet Boris Johnson pertama yang didiagnosis mempunyai asal Wuhan, Tiongkok.

Dorries dilaporkan langsung mengikuti sejumlah panduan medis untuk mencegah penyebaran, termasuk dengan mengarantina diri sendiri di rumah sejak Jumat (6/3/2020). Dorries, dalam sebuah pernyataan, menyebut pemerintah telah melacak orang-orang yang terlibat kontak dengannya. Ia juga mengkhawatirkan ibunya yang berusia 84 tahun yang tinggal dengannya, yang mulai batuk-batuk.

Belum diketahui berapa banyak pertemuan yang dihadiri Dorries baru-baru ini. Dikutip dari BBC, ia baru saja mengikuti pertemuan dengan Perdana Menteri Boris Johnson di Downing Street.

Sekretaris Kesehatan Matt Hancock lewat Twitter mengatakan Dorries telah ‘melakukan hal yang benar’ dengan mengisolasi diri. Hancock juga berharap Dorries segera membaik.

“Saya mengerti kenapa orang khawatir akan penyakit ini. Kami akan melakukan yang kami bisa untuk membuat orang aman, berdasarkan sains yang paling mungkin,” katanya.

Hingga saat ini, Inggris memiliki 382 kasus positif virus corona dengan enam orang meninggal karena ‘penyakit mirip flu’.

“Saya bisa mengonfirmasi bahwa saya telah dinyatakan positif virus corona. Begitu saya mendapatkan informasi itu, saya mengambil semua langkah pencegahan yang disarankan dan mengisolasi diri di rumah,”ungkap Dorries.

The Guardian melaporkan hasil diagnosis Dorries memunculkan kekhawatiran soal kemungkinan virus sudah menyebar di Westminster, kawasan di London, tempat para anggota parlemen berkantor dan sejumlah gedung kementerian berlokasi.

Minggu lalu, Dorries menghadiri acara di Downing Street untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. Acara tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Inggris, termasuk Perdana Menteri Boris Johnson dan tunangannya, Carrie Symonds, yang tengah mengandung anak pertama.

Gejala Awal pada Dorries

Departemen Kesehatan Inggris mengungkap Dorries pertama kali memperlihatkan gejala-gejala terinfeksi COVID-19 pada Kamis (5/3/2020) pekan lalu. Pada hari yang sama itu, acara di Downing Street digelar. Semua otoritas kesehatan dan pejabat lain yang melakukan kontak dengan Dorries sedang menjalani tes.

Menteri Kesehatan berusia 62 tahun itu sekaligus menjadi anggota parlemen Inggris pertama yang terinfeksi Covid-19, penyakit yang diakibatkan virus corona.

Kabar yang diterima Nadine Dorries terjadi setelah London mengumumkan kematian keenam. Korban meninggal terbaru adalah pria berusia sekitar 80 tahun, dan sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Watford, di mana penyebab kematiannya adalah “kondisi kesehatannya”.

Hanya saja tidak diketahui apakah Boris termasuk salah satunya. Belum jelas juga ada berapa banyak pertemuan yang sudah dihadiri oleh Dorries sejak minggu lalu. Ia mengatakan pihaknya sedang melacak orang-orang yang pernah kontak dengan dirinya.

Melalui twit di akun Twitter resminya, Dorries mengucapkan terima kasih kepada yang sudah mendoakan, tapi mengaku khawatir terhadap ibunya yang sudah tua.

“Terima kasih atas doa-doanya. (Situasinya) cukup tidak menyenangkan tapi saya berharap sudah melalui yang terburuk sekarang,” tulisnya.

British Medical Association menyatakan bahwa pemantauan rutin terhadap kondisi kesehatan jangka panjang mungkin harus berhenti dilakukan dan memungkinkan dokter untuk fokus pada pasien yang paling sakit (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire