Ayahnya juga menyampaikan agar ia menjaga amanah, tidak meninggalkan shalat, serta selalu meminta pertolongan Allah. Derai air mata tak dapat dihindari ketika itu. Sesampainya di Gaza, ia menghubungi ayahnya.

“Dan ia mengatakan agar saya mencari istri orang Palestina saja. Saat itu saya menolak. Ogah ah. Di mana-mana orang abis nikah itu berbulan madu, lah di sini bulan ada, tapi mana ada madu,” jawabnya kepada sang ayah dalam dialek Galela Tobelo Ternate Morotai.

Meskipun awalnya menolak, tapi itulah rahasia jodoh yang telah Allah tetapkan. Kini ia memiliki seorang istri asal Gaza yang juga penghafal Qur’an.

“Allah berikan saya pendamping hidup yang sangat memahami jalan hidup dan perjuangan saya,” aku Onim.

Awal pernikahan, Onim merasakan hidup yang penuh tantangan karena perbedaan budaya. Namun, kemudahannya dalam beradaptasi membuatnya gampang menjalani kehidupan berumah tangga.

“Saya mudah beradaptasi dan saya punya banyak teman di Gaza mulai dari tukang bangunan, petani, ulama, hingga pejabat,” terangnya.

Sebelum menikahi gadis Gaza, Onim sempat ber-ta’aruf (berkenalan) dengan lima muslimah dan seluruhnya gagal.

“Sebelum taaruf, saya shalat istikhoroh. Sesudahnya pun begitu. Saya sempat memutuskan untuk kembali ke Indonesia karena saya merasa belum jodoh. Hingga akhirnya proses taaruf dilanjutkan,” ungkapnya.

Lantas seorang teman ingin memperkenalkannya dengan keluarga wanita Gaza lainnya. “Pertanyaan pertama dari orang tuanya, apakah saya muslim. Kedua, apakah saya shalat berjama’ah di masjid terutama ketika subuh. Kemudian, ia bertanya apakah saya yakin menikah dengan orang Palestina yang wilayahnya sedang konflik dan belum ada masa depan yang jelas.”

Ia menjawab seluruh pertanyaan dengan mantap. Satu hal yang ia tekankan kepada keluarga tersebut adalah bahwa statusnya merupakan seorang relawan dengan penghasilan hanya USD 100 dan tinggal di kontrakan. Onim juga menjelaskan, keluarganya hanyalah buruh tani biasa.

“Saya jujur dan blak-blakan apa adanya karena pikirku kalau jodoh sudah diatur oleh Allah. Saya katakan jujur seperti itu untuk mengetahui juga apakah nanti mereka menolak karena saya tidak mempunyai uang, dan belum jelas masa depannya,” katanya.

Akhirnya, orang tua gadis setuju dan bersyukur karena bertemu dengan orang non Arab asal Indonesia yang sangat peduli dengan Palestina dan al-Aqsa. Onim lalu dipertemukan secara singkat dengan calon istrinya, Rajaa Al Hirthani. Mereka kemudian resmi menikah pada 17 Februari 2011.

Ia menikahi sang gadis dengan mahar hanya 2000 dinar, jauh di bawah standar mahar di wilayah Arab.

“Saat ini kami dianugerahi dua anak, perempuan berusia 5 tahun bernama Filind atau Filistin Indonesia dan laki-laki berusia 2 tahun bernama Nusantara. Saat ini istri saya sedang hamil empat bulan untuk anak ketiga kami,” imbuh Onim.

Dalam mengisi hari-harinya di Gaza, Onim menjalani berbagai pekerjaan mulai sebagai wartawan, penulis, hingga dipercaya sebagai Ketua Daarul Qur’an Indonesia, yayasan milik Ustadz Yusuf Mansur.

“Kami membangun pusat tahfidz di Gaza dan memiliki santri lebih dari 250 orang selama empat tahun. Dan kini ada 50 anak Gaza yang kami bombing sudah hafal 30 juz Al-Qur’an,” terangnya.

Onim juga dipercaya untuk memonitor program dompet peduli umat Daarut Tauhid yayasan milik KH. Abdullah Gymnatsiar atau akrab disapa Aa Gym. “Yayasan ini membangun masjid dan juga pusat tahfidz. Kemudian juga ada pusat pemberdayaan muslimah dan janda melalui pelatihan menjahit dan rencana untuk membuat peternakan di Gaza,” terang Onim.

Marwah Filindo Lahir di Gaza

Marwah Filindo, bayi ini menjadi anak pertama pasangan Indonesia-Palestina yang lahir di Gaza, Palestina. Bayi Marwah lahir pada Kamis, 3 Mei 2012 lalu pukul 11.50 waktu Gaza, di RS Asy-Syifa, Gaza City, Jalur Gaza.

Pada usia pernikahan kurang dari 2 bulan, Rajaa sempat hamil, namun mengalami keguguran. Tidak berapa lama kemudian Rajaa hamil lagi dan akhirnya kehamilan ini bisa bertahan hingga lahirlah Marwah Filindo di tengah-tengah kondisi Jalur Gaza yang masih memprihatinkan (***)

Sumber : www.aa.com / www.detik.com