Mengenal Sosok Andre Taulany yang Juga Berdarah Ambon

Andre Taulany

BERITABETA.COM – Dalam sepekan ini sosoknya menjadi  viral dibahas di media sosial. Ia bukan orang sembarangan di Industri hiburan tanah Air. Namun, aksinya yang bikin kontroversi membuat sejumlah pihak mengecamnya.

Andre Taulany begitu orang mengenalnya. Andre adalah artis serba bisa karena menjadi vokalis band, pemain sinetron, host, hingga komedian, semua dijajal olehnya. Namun, belakangan Andre Taulany menuai kontroversi atas lawakan yang dilontarkannya.

Plesetan yang disampaikan Andre di program acara yang dibawakannya, di Talk Show, pernah  ramai dibicarakan dan jadi sorotan pada 2019. Setelah kontroversi tersebut mereda, ternyata kini muncul lagi kontroversi baru pada 2020.

Kali ini plesetan  Andre ramai diperbincangkan. Ia tak sendiri. Komedian lain, Rina Nose pun turut terlibat dalam lawakan tersebut. Di program acara yang dibawakannya, keduanya melakukan pelesetan terhadap nama marga dari artis Prilly Latuconsina.

Marga Latuconsina adalah marga asal Maluku. Akibat lawakannya itu dunia maya menjadi ramai, karena Andre dan Rina dicap tidak beretika. Netizen asal Maluku pun ramai-ramai mengecamkan keduanya.

Di balik kecaman yang dituainya, ternyata Andre Taulany sendiri juga merupakan artis yang berdarah Ambon, Maluku. Andre lahir di Jakarta, 17 September 1974,  Ia merupakan anak dari pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan.

Marga Haumahu merupakan marga asal Maluku, bahkan berasal dari negeri Oma, tetangga dari negeri asal  Prilly Latuconsina. Haumahu dan Latuconsina sama-sama merupakan marga yang berasal di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Di tengah masalah itu, Andre Taulany yang tersandung kasus dugaan penghinaan marga  Latuconsina Andre mengaku dirinya juga memiliki darah Maluku.

Hal ini disampaikan Andre dalam acara Ini Ramadhan. Dalam kesempatan itu, Prilly Latuconsina diundang sebagai bintang tamu.

“Prilly orang Maluku ya? Sama, aku juga,” kata Andre, dikutip dari tayangan Ini Ramadhan pada Kamis (21/5/2020).

BACA JUGA:  "Turun Gunung" Kawal Sidang di MK, Ini Sosok Abdullah Hehamahua

“Beneran ini?” tanya Prilly.

Andre pun menjelaskan bahwa dirinya bermarga Haumahu. Marga itu didapatkan dari sang ayah yang berasal dari Ambon sementara ibundanya berasal dari Medan.

“Aku Haumahu. Demi Allah, beneran. Papaku orang Ambon, mamaku orang Batak,” jelasnya.

Kemudian Andre mengucapkan permintaan maafnya kepada Prilly atas candaannya dengan Rina Nose yang memplesetkan nama marganya, Latuconsina. Ia juga mewakili permintaan maaf seluruh kru di acara televisi tersebut.

Ayah Andre adalah Robbi Haumahu yang telah meninggal dunia pada 23 Desember 1994 lalu. Sejak itu, Andre menjadi tulang punggung keluarga.

Pada bulan April tahun 2019 lalu, di akun instagram miliknya, Andre pernah mengungkap kerinduannya pada sang ayah yang dia sapa sebagai Papa Bob. Di postingannya, Andre menunjukkan foto makam Robbi Haumahu yang kelahiran 8 Mei tahun 1947 itu.

Andre Bersama Keluarganya

Dipoliskan Keluarga Latuconsina

Meski sudah mengajukan permintaan maafnya,  pihak marga Latuconsina yang diwakili Ruswan Latuconsina sebagai pihak yang melaporkan Andre Taulany dan Rina Nose mengatakan, seluruh pemilik marga Latuconsina merasa dilukai dengan candaan kedua komedian itu.

Saat  disinggung soal permintaan maaf, Ruswan menyebut bahwa sampai saat ini tidak membukakan pintu maaf pada dua komedian itu.

“Oh tidak segampang itu (permintaan maaf), kami merasa dilukai dan Latuconsina itu adalah marga yang besar dihormati di Maluku,” kata Ruswan seperti dikutip beritabeta.com dari kompas.com Senin (18/5/2020).

“Kita ikuti tahapanlah, kita kembalikan pada seluruh keluarga besar Latuconsina karena sampai saat ini tidak ada pintu maaf sebenarnya,” sambungnya.

Ruswan Latuconsina mengaku sebagai perwakilan dari keluarga besar Latuconsina. Dia pun resmi melaporkan Andre Taulany dan Rina Nose pada Senin (18/5/2020) ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

BACA JUGA:  George Toisutta, Putra Maluku Dengan Karir Militer yang Cemerlang

Ruswan juga telah menyiapkan bukti-bukti. Bukti tersebut berupa video mengenai dugaan pelecehan tersebut.

“Kita punya rekaman video penghinaan itu dan itu sangat jelas, dan kita punya saksi dua orang yang menonton dan menyaksikan itu video kan,” tutur Ruswan.

Andre dan Rina dilaporkan atas Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP.

Karir Andre Taulany

Karier Andre Taulany  diawali dengan bergabung dengan grup band Indonesia, Stinky, pada 1994. Bersama Stinky, Andre berhasil mengeluarkan beberapa album, bahkan ada beberapa lagu yang begitu populer dengan penjualan mencapai 1 juta kopi lewat lagu “Mungkinkah” dan “Jangan Tutup Dirimu”.

Namanya mulai mencuat seiring bandnya mulai dikenal banyak orang. Orang menyapanya dengan panggilan Andre Stinky. Namun, kesuksesannya di Stinky tidak membuatnya bertahan.

Pada tahun 2007, Andre memutuskan untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya itu dan mencoba bersolo karier. Salah satu hits solonya yang terkenal adalah Cintailah Istanaku yang juga didapuk sebagai original soundtrack sinentron Akulah Arjuna.

Selain menjadi penyanyi solo, ia juga mulai merambah ke dunia akting dengan bermain beberapa film seperti Kiamat Sudah Deka dan Cerita Cinta. Setelah itu, ia mulai dengan acara komedi di salah satu stasiun TV swasta. Namanya semakin hits sebagai komedian setelah ia ikut ambil bagian dalam Opera Van Java. Andre juga selalu dapat peran-peran utama seperti pria tampan dan pangeran.

Di acara tersebut, Andre berkolaborasi dengan komedian-komedian tanah air terkenal lainnya seperti Azis Gagap, Sule, Parto, Nunung, Pada pertengahan Agustus 2010, Andre dengan modal popularitas sebagai artis terjun ke dunia politik mencalonkan dirinya sebagai wakil walikota Tangerang Selatan mendampingi Arsid. Pasangan ini didukung oleh Hanura, PPP, dan PBB. Sayang, ia kalah bersaing dengan Airin pada Pilkada 2012.

BACA JUGA:  Anisa, Petani Kopra dari Maluku Beromzet Jutaan Rupiah

Kalah di panggung politik, Andre kembali bersinar di panggung hiburan. Menjadi pelawak dalam acara komedi, ternyata namanya kian melambung. Ia tampil dengan karakter khasnya yang suka menggoda beberapa bintang tamu. Ia terlihat begitu original ketika dalam acara komedi bersama rekannya Sule.

Andre bersama Sule seakan-akan menjadi pasangan lawak yang tidak terpisahkan. Terbukti, ia sering tampil bersama dalam beberapa acara di program NET.TV setelah sebelunya tampil di Overa Van Java di Trans7.

Dari acara komedi, ia mulai membitangi banyak iklan dan ia juga menjadi presenter di beberapa acara. Tidak hanya itu, ia juga tetap bernyanyi dengan beberapa tim lawaknya.

Dalam urusan asmaranya, Andre pernah dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan beberapa wanita seperti Linda Rachman, Indah Ludiana dan Ayu Pratiwi. Namun, Andre lebih memilih wanita lain bernama Rien Wartia Trigina atau yang disapa Erin.

Mereka akhirnya resmi menikah pada 17 Desember 2005. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak, mereka adalah Ardio Raihansyah Taulany, Arlemzy Salmansyah Taulany dan Arlova Carissa Taulanny. Hubungan mereka bisa dibilang cukup romantis dan jauh dari gosip media.

Setelah 23 tahun terjun di panggung hiburan, bertepatan usianya yang ke 43 tahun, Andre mengaku tak memiliki waktu banyak untuk bersama anak-anaknya, namun sebisa mungkin ia sempatkan untuk memberi pendidikan dan waktu berkualitas saat libur kerja (BB-DIP)

KELUARGA

Orang Tua        : Robby Haumahu

-Rasidah Hanum Hasibuan

Istri                    : Rien Wartia Trigina

Anak                  : Ardio Raihansyah Taulany

-Arkenzy Salmansyah Taulany

-Arlova Carissa Taulany

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire