Pasha Nur Fauzan, Ikut Jejak Sang Eyang BJ Habibie

Muhammad Pasha Nur Fauzan, cucu BJ Habibie.
Muhammad Pasha Nur Fauzan, cucu BJ Habibie.

Pasha sendiri lulus dari SMA dengan angka tertinggi di sekolahnya yaitu 97. Dengan nilai tersebut Pasha diterima sejumlah universitas ternama dunia seperti Stanford University hingga MIT

BERITABETA.COM – Warisan utama Bacharuddin Jusuf Habibie adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski demikian, kepada para cucu, tak pernah dia memaksakan agar mereka mengikuti jejaknya di sains.

Presiden ketiga Indonesia yang tutup usia pada Rabu 11 September 2019 silam itu, membebaskan cucu-cucunya untuk memilih apa yang disuka. Jadilah para buah hati kedua anaknya, Ilham Akbar dan Thareq Kemal Habibie, tersebut menggeluti bidang yang beragam.

Sejumlah cucunya sebut saja, Tifani Mutiarahati Rahima Tahira, putri Ilham, misalnya, mencicipi dunia akting. Sedangkan Farhan Sultan Habibie, buah hati Thareq, memilih kuliah di jurusan hukum.

Sementara, Muhammad Pasha Nur Fauzan, sepupu Farrah, merupakan satu-satunya cucu BJ. Habibie yang kini mengikuti jejak eyangnya. Pasha menyebut sang eyang kakung sebagai superheronya. Sampai kapan pun.

”Dia yang menginspirasi aku dalam semua pilihanku sekarang, di samping ini memang passion aku,” ungkap putra Ilham tersebut saat dijumpai di kediaman sang eyang sehari setelah sang eyang berpulang.

Pasha mengikuti jejak kakek, ayah, dan pamannya. Kuliah di bidang engineering. Saat ini dia tengah menuntut ilmu di jurusan dirgantara konstruksi pesawat di Illinois Institute of Technology, Chicago, Amerika Serikat.

”Of course to me a lot of pressure. That’s be natural but there’s a sense of pride being successor like I have to work really hard, I have to make sure that I’m make him proud (Tentu saja banyak tekanan bagi saya. Itu natural saja sebenarnya, tapi ada semacam rasa bangga untuk menjadi penerus, saya harus benar-benar bekerja keras, saya harus memastikan bahwa saya membuat eyang bangga, Red),” ungkapnya saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

BACA JUGA:  Sekilas Tentang Bupati Luwu Utara, Cantik, Cerdas dan Pemberani

Belakangan, Muhammad Pasha Nur Fauzan, menjadi sorotan publik. Prestasinya di bangku study membuatnya digadang-gadang bakal menjadi penerus kejeniusan sang kakek BJ Habibie.

Semasa hidupnya, BJ Habibie sempat mengatakan bahwa Pasha memiliki sifat yang mirip dengan dirinya. Bahkan sosok Pasha mengingatkan BJ Habibie ketika dirinya masih muda.

Muhammad Pasha Nur Fauzan sendiri adalah putra dari anak pertama BJ Habibie, Ilham Akhbar Habibie.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya, Pasha mendapatkan beasiswa penuh dari pihak kampus. Diketahui ada seleksi yang begitu ketat untuk masuk ke kampus tersebut.

Pasha sendiri lulus dari SMA dengan angka tertinggi di sekolahnya yaitu 97. Dengan nilai tersebut Pasha diterima sejumlah universitas ternama dunia seperti Stanford University hingga MIT.

Bersama sang Eyang BJ Habibie dalam sebuah kesempatan

Namun Pasha memilih Illinois Institute of Technology lantaran lokasi kampus yang dekat dengan sang kakak, Nadia Sofia Fitri Dahlia, yang berkuliah jurusan Ilmu Ekonomi di University of Chicago.

Sama dengan sang kakek, Pasha juga menekuni bidang dirgantara. Ia mengambil jurusan konstruksi pesawat. Hal itu menjadikan Pasha sebagai generasi ketiga di keluarga Habibie yang menekuni bidang konstruksi pesawat terbang setelah Ilham.

Meski Pasha diharapkan bisa mengikuti sang eyang, BJ Habibie tetap berkeyakinan jika semua cucunya mampu menjadi sosok yang lebih unggul di masa mendatang.

Publik menggelari Muhammad Pasha Nur Fauzan sebagai The Next BJ Habibie.

Ditanya soal kecintaan terhadap pesawat terbang, Muhammad Pasha Nur Fauzan menjawab, “(Saya kuliah konstruksi pesawat) karena saya suka dan ini passion saya.”

Ilham Akbar Habibie menambahkan, Pasha tak pernah dipaksa keluarga untuk mempelajari konstruksi pesawat.

“Saya sudah ingatkan, ‘Pasha kalau kamu tidak suka jangan, kamu harus kuliah di bidang yang kamu suka.’ Ternyata dia suka. Kami bisa bayangkan ke depan seperti apa kemajuan teknologi kedirgantaraan,” ujarnya kepada Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini.

BACA JUGA:  Kiprah Heroik Abdul Kadir Tuakia Bagi Republik Indonesia

Ilham Akbar Habibie mencontohkan, di era ayahnya belum ada drone. Di zaman ia kuliah drone mulai dibuat. Di era Pasha kini, drone tampak dominan.

Selain itu ada pesawat elektrik dengan teknologi yang makin aman dan ramah lingkungan. Terkait sebutan The Next Habibie, Pasha merespons, “Saya berusaha semaksimal mungkin untuk melanjutkan kerja dan karya BJ Habibie.”

Pasha kemudian teringat momen beberapa hari yang lalu, saat ia dan ayahnya berada di rumah sang kakek. Mereka membuka sejumlah kardus dan menemukan foto kenangan.

Di antara tumpukan foto itu ada foto Ilham Akbar Habibie saat berusia 23 tahun yang wajahnya mirip Pasha.

“Dia bertanya itu foto siapa, saya bilang itu saya. Kok mukanya sama persis dengannya. Saya bilang kalau dulu saya mirip dengannya saat muda dan bukan tidak mungkin di masa tua nanti ia akan mirip saya,” Ilham Akbar Habibie menukas.

Pasha diharapkan menyelesaikan kuliah tahun depan dan merintis karier profesional dulu sebelum melanjutkan pendidikan. Kakak Pasha, Nadia, kini bekerja di perusahaan rintisan di Jakarta (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire