Rivaldo Lestaluhu : ‘Beta’ Minta Doa dari Semua Warga Maluku

Rivaldo Lestaluhu saat menjalani sesi latihan di Cikarang

BERITABETA.COM, Ambon – Namanya termasuk dalam 33 pemain yang dipanggil PSSI untuk mengikuti training camp (TC) Timnas U-19 Indonesia menjelang Piala AFF U-18 2019. Tanggal 2 Agustus 2019 mendatang PSSI akan mengumumkan siapa saja yang akan terpilih masuk Timnas U-19 Indonesia, Rivaldo Lestaluhu berharap, dari 23 pemain yang akan dipilih nanti dirinya termasuk salah satu diantaranya.

Beritabeta.com akhirnya berhasil mewawancari pria kelahiran Tulehu 20 Juni 2001 ini via telepon selulernya, Rabu siang (3/7/2019).

“Beta (saya) sementara di Cikarang bang, lagi ikut TC, bantu doa beta jua, biar bisa lolos terpilih ke Vietnam nanti” ungkapnya singkat.

Rivaldo lolos mengikuti TC Timnas U-19 hingga tahap ketiga. Bersama Rivaldo terdapat dua pemain muda asal Maluku lainnya, Hamza Lestaluhu dan Ais Wenno (pemain Persebaya), namun keduanya sudah gugur di seleksi awal dan kedua.

Anak dari pasangan Ismail Lestalahu dan Siti Fatma Marasabessy ini mengaku tidak menyangka akan terpilih sebagai pemain yang diseleksi dalam CT timnas U-19 ini. Pemain tengah club Tira-Persikabo, mangaku terpilih setelah dipantau dalam sejumlah laga tanding yang diikutinya.

“Iya jadi memang awalnya katong (kami) dipantau saat bermain untuk Tira-Persikabo dan akhirnya dipanggil untuk mengikuti seleksi ini,” bebernya.

Rivaldo mengawali debutnya sebagai pesepakbola saat dikirim bersama sejumlah temannya di club Tulehu Putra mewakili Maluku di Suratin Cup, di Yogyakarta setelah merumput di ajang itu, Rivaldo kemudian mengikuti seleksi yang dilakukan Tira-Persikabo di Jakarta dan akhirnya terpilih sebagai pemain inti.

Rivaldo Lestaluhu saat menjalani latihan di Cikarang

Rivaldo adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ia berasal dari keluarga yang sederhana, ayahnya Ismail Lestaluhu bekerja sebagai sopir truk di Negeri Tulehu, sedangkan ibunya Siti Fatma Marasabessy hanyalah seorang ibu rumah tangga. Meski berasal dari keluarga sederhana, Rivaldo mengaku bangga dengan kedua orang tuannya yang selama ini telah membesarkan mereka hingga bisa menggeluti dunia sepak bola.

BACA JUGA:  Benny Wenda, Anak Lembah Baliem, Aktor Dibalik Kerusuhan Papua

Di keluarganya, bukan saja Rivaldo yang menjadi pemain bola, kakaknya Fandi Lestaluhu juga pemain bola yang saat ini bermain di Kaltim.    

Ditanyai harapannya kedepan, Rivaldo mengaku pingin membawa nama baik  Maluku dan Tulehu sebagai daerah kelahirannya agar selalu dikenal di dunia sepak bola nasional.

“Beta hanya ingin satu. Ingin Maluku dan Tulehu dikenal di dunia sepak bola,” tuturnya.

“Abang bantu doanya dan juga semua warga Maluku, kalau bisa bantu doa beta biar bisa lolos dan jadi pemain timnas,” sambungnya meminta.

Rivaldo mengaku ingin menjadi pesepakbola profesional, untuk itu dia memilih akan tetap menjalani profesi ini, meskipun baru saja menamatkan study di bangku SMA Nambuasa Tulehu.

“Beta pilih jadi pemain bola, karena ingin menjadi pemain professional,” ungkapnya menjawab beritabeta terkait rencana studynya ke jenjang perguruan tinggi.

Diujung wawancara dengannya, Rivaldo meminta pamit karena harus istirahat dan tidak bisa ketahuan bermain hand phone saat berada di Cikarang.

“Beta minta maaf mau strahat dulu, karena disini disiplinya sangat ketat, katong dilarang main hand phone. Ini kebetulan ada di kamar untuk isterahat, nanti malam mau latihan lagi,” pintanya.

Seperti diketahui, Timnas U-19 Indonesia ini manjalani TC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi mulai 1 Juli 2019. Ini merupakan TC tahap akhir timnas U-19 Indonesia sebelum tampil di Piala AFF U-18 tahun 2019.

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini mengatakan, TC ini sebagai persiapan menjelang ke Piala AFF U-18 2019.

“Pemusatan latihan ini sebagai persiapan menjelang Piala AFF U-18 yang digelar pada 1 Juli hingga 2 Agustus 2019,” kata Fakhri dikutip BolaSport.com dari situs resmi PSSI.

BACA JUGA:  Khabib, Sang Juara Religius Penakluk Las Vegas

Fakhri berharap bisa mempersiapkan anak asuhnya dengan baik pada TC terakhir ini.

“Saya berharap bisa langsung fokus menerapkan latihan persiapan yang intensif pada tahap akhir ini. Karena, turnamen semakin dekat,” kata Fakhri.

Perhelatan Piala AFF U-18 berlangsung di Vietnam pada 4-18 Agustus 2019. Setelah itu, timnas U-19 Indonesia akan bermain pada kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September dan Oktober 2019. (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire