Siti Badriah, Bermula Dari “Gerobak” Hingga “Goyang” Kota Ambon

Siti Badriah

BERITABETA.COM – Panggung hiburan di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu ( 23/3/2019) malam menjadi riuh. Suara lembut dari sosok artis itu menggema mengajak masyarakat yang memadati lapangan Merdeka kota Ambon untuk goyang Berkah Energi Pertamina (BEP).

Siti Badriah, meliuk-liuk dengan melantunkan sejumlah lagu popular.   Lagu Bere-bere, Goyang Maumere dan lagu hitsnya Lagi Cantik dilantunkan menutup acara malam itu. “Ambon luar biasa, suaranya merdu dan saya senang bisa hadir kembali di kota Ambon manise,” ujarnya di sela-sela penampilan.

Walau  tampil dengan suara serak,  Sibad begitu artis kelahiran 11 November 1991 disapa, mampu menarik perhatian masyarakat Ambon. Penampilan Sibad di panggung hiburan BEP, menjadi tanda artis dangdut ini cukup diidolakan. Siapa Siti Badriah?

Menapak Karir di Usia Belasan Tahun

Lagu Lagi Syantik yang menjadi viral di beberapa negara mengantarkan Siti Badriah menuju puncak tangga kepopuleran musik dangdut. Namun, kesuksesan yang dia peroleh ini tak didapatnya secara instan.

Jalan berliku harus ditempuhnya, mulai dari berkeliling menggunakan gerobak hingga ditipu ratusan juta oleh orang tak bertanggung jawab telah dialaminya demi mewujudkan mimpi sebagai penyanyi. Inilah kisah Siti Badriah selengkapnya.

Siti Badriah adalah penyanyi dangdut yang sukses dengan salah satu lagunya yang berjudul Lagi Syantik. Tak hanya di Indonesia, lagu ini bahkan terkenal di beberapa negara seperti Jepang, Taiwan, hingga India.

Sibad  lahir di Bekasi dari pasangan Muhammad Husni dan Siti Amanah pada tanggal 11 November 1991. Dia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara yang mempunyai dua orang kakak laki-laki.

Siti Badriah yang berasal dari keluarga sederhana ini memulai kariernya di dunia musik sejak dia masih usia belasan. Namanya mulai dikenal luas setelah merilis sebuah lagu yang berjudul Melanggar Hukum (2011). Kemudian diteruskan dengan lagu Brondong Tua yang dirilisnya setahun kemudian.

Selain bermusik, dia juga menjajal peruntungannya di dunia akting. Hingga 2018, setidaknya sudah ada 2 film yang dibintanginya, yaitu Palasik (2015) dan Iseng (2016). Dia juga turut bermain dalam sejumlah sinetron, salah satunya adalah Senandung (2016).

Tak hanya mengenai karier, kehidupan asmaranya juga banyak menarik perhatian publik. Dikabarkan sejumlah pria pernah menjadi pacar Siti Badriah, baik dari kalangan pengusaha maupun artis. Siapa sajakah mereka?

Sepertinya darah seni memang mengalir dalam diri artis pelantun tembang Bara Bere ini. Sang ayah merupakan pemusik dangdut, sedangkan ibunya dulu berprofesi sebagai sinden jaipong. Tak hanya itu, kedua orang kakak laki-lakinya pun juga mendalami profesi sebagai pemusik.

Ayahnya yang mempunyai orkes dangdut membuatnya familier dengan musik dangdut sejak kecil. Bagaimana tidak, hampir setiap hari orkes milik sang ayah berlatih di rumahnya. Lama-kelamaan hal tersebut membuat Sibad tertarik dan akhirnya belajar bernyanyi dangdut.

Walaupun begitu, sebenarnya sang ayah tak menginzinkan putrinya untuk menggeluti bidang yang sama dengannya dan lebih menginginkan anaknya menjadi seorang dokter gigi.

Satu saat, ada satu kejadian lucu ketika Sibad masih duduk di bangku kelas 2 SD. Dia mengalami sakit panas karena dilarang oleh ayahnya untuk bernyanyi, panasnya tak kunjung turun meski telah dibawa ke beberapa dokter.

Hingga akhirnya sang ayah berkata memperbolehkan Sibad bernyanyi asalkan dia sembuh. Dan benar saja, setelah diizinkan untuk bernyanyi di atas panggung, dia pun sembuh. Nah, itu juga merupakan pertama kalinya dia menjejakkan kakinya di atas panggung.

Siti Badriah berpose dengan pemenang hadiah Berkah Energi Pertamina di panggung hiburan di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (23/3).

Artis Dangdut Gerobak Keliling

Perjalanan kariernya di panggung dangdut dimulai ketika dia masih sangat belia. Dia memutuskan untuk membantu keluarganya karena orkes dangdut sang ayah mengalami kebangkrutan. Siti Badriah juga harus merelakan pendidikannya dan hanya tamat sampai kelas 1 SMP saja karena ketiadaan biaya.

Bersama dengan keluarganya, dia berjuang dari panggung ke panggung lainnya dengan menggunakan gerobak. Gerobak tersebut digunakan untuk mengangkut peralatan sound system dan beberapa barang kebutuhan manggung yang lain.

Hingga pada tahun 2005, ada seorang produser yang menawarinya untuk rekaman album dan Sibad diharuskan membayar biaya 100 juta. Sang ayah pun rela menjual sawah untuk mewujudkan keinginan putrinya menjadi seorang penyanyi. Karena setelah lunas Siti Badriah tak kunjung rekaman juga, sadarlah dia bahwa telah menjadi korban penipuan. Mengetahui kenyataan tersebut, dia sangat sedih dan sempat terpuruk karenanya.

Namun, dasarnya dia memang orang yang berbakat. Pada tahun 2007, Sibad kembali ditawari untuk rekaman oleh sebuah label indie. Sayang, beberapa tahun di bawah naungan label tersebut, karier Siti Badriah tak mengalami kemajuan karena kurangnya promosi.

Kemudian oleh produser label yang menaunginya tersebut, dia dikenalkan pada seorang pencipta lagu, Endang Raes. Endang yang tertarik pada suara Siti Badriah, kemudian membuatkan sebuah lagu yang berjudul Melanggar Hukum. Lagu yang dirilis pada tahun 2011 itu laris di pasaran dan sosoknya pun mencuri perhatian masyarakat luas.

Setahun kemudian, Siti Badriah merilis sebuah single yang berjudul Brondong Tua. Lagu yang laris manis di pasaran ini sempat menjadi kontroversi karena kemiripannya dengan lagu Nobody milik mantan rekan selabel TWICE, Wonder Girls.

Selama mempunyai kesempatan memang tak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Itu mungkin salah satu ungkapan yang dipraktikkan oleh Sibad. Tak puas hanya dengan bergelut di kancah musik dangdut saja, dia pun melebarkan sayapnya ke dunia akting.

Film Palasik yang ditayangkan pada tahun 2015 lalu menjadi penanda debut Siti Badriah di dunia seni peran. Dalam sinema bergenre horor tersebut, dia beradu akting dengan Joe Richard. Meski merupakan film pertamanya, dia mampu memerankan karakternya dengan apik.

Tak hanya berakting di dunia layar lebar, dia juga sudah membintangi beberapa judul sinetron yang disiarkan pada beberapa stasiun TV swasta. Salah satunya adalah Senandung (2016) yang dibintanginya bersama pesinetron ganteng, Hengky Kurniawan. Drama layar kaca ini laris manis dan banyak digandrungi oleh pecinta drama Indonesia, bahkan sampai dibuat season keduanya, lho.

Beberapa sinetron lain yang juga dibintanginya adalah Harapan Cinta, Dikejar Rezeki, dan Nadin yang ketiganya ditayangkan pada tahun 2017. Ada pula Dendang Cinta Wulan yang dimainkannya bersama Rangga Azof yang tayang pada bulan Januari-Februari 2018.

Selain itu, dia juga pernah bermain dalam beberapa judul FTV. Janji Siti untuk Ibu (2016) adalah salah satunya. Berkat aktingnya dalam FTV ini, Siti Badriah masuk dalam nominasi FTV Wanita Terpuji pada Festival Film Bandung tahun 2016.

Kisah Asmara

Pada awal tahun 2014, Sibad dikabarkan berkencan dengan seorang pengusaha bernama Fahmi. Keduanya begitu serius menjalin hubungan, bahkan disebut-sebut berencana untuk segera menikah. Sayangnya, hubungan dua insan itu harus kandas di tengah jalan pada tahun 2015 lalu.

Isu perselingkuhan pun sempat mewarnai kabar keretakan hubungan mereka. Namun, pelantun lagu Aku Kudu Kuat ini menampik hal tersebut dan mengaku bahwa mereka menyudahi hubungan tersebut karena kesibukan masing-masing.

Sekitar bulan September 2015, wanita berzodiak Scorpio ini menjalin hubungan dengan pemain sinetron Ganteng-Ganteng Serigala yang dibintangi Prilly Latuconsina, James Thomas. Agaknya hubungan tersebut sempat menjadi perbincangan publik karena perbedaan usia mereka yang terpaut enam tahun. Namun, keduanya tak terlalu mengambil pusing hal tersebut dan tetap memamerkan kemesraan di akun media sosial masing-masing.

Dia adalah pesinetron Haydar Ali. Mereka berdua dikabarkan memiliki hubungan khusus semenjak tahun 2016. Namun ketika dimintai keterangan perihal tersebut, keduanya menjawab tak melabeli hubungan yang dijalani.

Mereka memang dekat lebih dari sahabat, tapi status mereka tak berpacaran. Sepertinya hubungan tanpa status tersebut juga tak bertahan lama. Pada Oktober 2017, Haydar Ali malah menikah dengan Sitta Jamilah, seorang gadis asal Semarang, Jawa Tengah.

Setelah ditinggal menikah oleh Haydar, Siti Badriah menemukan tambatan hatinya yang baru. Namanya adalah Krisjiana Baharudin, seorang model dan presenter. Keduanya dikabarkan menjalin kasih sejak bulan Maret 2018.

Rumor Operasi Plastik dan Prestasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa bekerja di dunia hiburan dan menjadi seorang public figure memang dituntut untuk memiliki penampilan yang sempurna. Hal itu tak terkecuali juga dirasakan oleh Sibad.

Publik pun menemukan perbedaan cukup signifikan pada wajahnya. Apabila melihat fotonya pada tahun 2010 dan 2018, akan terlihat jelas perbedaannya. Hal tersebutlah yang memunculkan rumor bahwa artis perempuan yang satu ini melakukan operasi plastik.

Ketika dimintai konfirmasi mengenai hal tersebut, Siti Badriah membantahnya. Dia hanya melakukan prosedur tanam benang pada pipinya, sehingga menjadi lebih tirus. Selain itu, dia juga menambah filler pada bibirnya.

Siti Badriah mungkin telah merilis beberapa lagu yang cukup terkenal dan viral. Namun, lagu-lagu tersebut tak ada yang menandingi kesuksesan tembang yang dirilisnya pada Maret 2018 lalu, yaitu Lagi Syantik. Apalagi setelah potongan lagu tersebut banyak di-lipsync orang pada salah satu media sosial kekinian, Tik Tok.

Selain nadanya yang catchy, liriknya yang terkesan manja bisa jadi salah satu faktor mengapa tembang ini menjadi viral. Faktor lainnya bisa dikarenakan Siti Badriah mengusung konsep yang berbeda dalam video klipnya kali ini, yaitu dengan menggunakan dancer dan mengambil setting di Pantai Ancol, Jakarta.

Hingga Oktober 2018, Lagi Syantik telah mendapatkan sebanyak 380 juta viewers. Sebuah prestasi yang membanggakan untuk musik dangdut. Kemudian pada tanggal 13 Juli 2018, lagu ini juga sempat menempati urutan 12 dalam YouTube Chart Billboard dengan mengalahkan lagu Ed Sheeran yang berjudul Perfect dan Despacito Remix milik Justin Bieber.

Siti dan Syahrini

Selain viral, lagu tersebut juga mengantarkan Siti Badriah memenangkan penghargaan AMI Awards 2018 pada kategori Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer. Tak hanya itu, berkat kesuksesan tembang ini, dia pun mendapatkan hadiah sebuah mobil mewah dari label yang menaunginya.

Dalam acara Radio KBS World Radio Indonesian di Jakarta pada bulan Agustus 2018 lalu, lagu ini juga sempat dinyanyikan girl group pendatang baru, Fromis 9. Meski hanya diajari sebentar, tapi anggota grup tersebut bisa dengan fasih menyanyikan tembang milik Sibad tersebut.

Selain girl group, ada juga sebuah boy band yang terdiri dari youtubers asal Korea, GTI juga menyanyikannya. Namun, mereka mengganti lirik “lagi syantik” dengan kata “lagi kece”. Itulah beberapa prestasi lagu viral Siti Badriah yang berjudul Lagi Syantik yang bisa kamu temukan dalam biodata Siti Badriah lengkap ini.

Mungkin memang benar pepatah yang mengatakan bahwa semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Di balik keviralan lagu Lagi Syantik miliknya, ada sosok yang meradang karena jargon miliknya digunakan dalam lagu tersebut. Ya, sosok tersebut tak lain dan tak bukan adalah Syahrini.

Selama ini, Syahrini memang dikenal dengan jargon-jargon uniknya. Tak hanya “syantik”, kata seperti “maju mundur cantik” dan “terpampang nyata” juga melekat pada dirinya. Merasa kalau jargonnya dipakai oleh Sibad, Syahrini meminta Sibad untuk mengakui bahwa lagunya yang viral memang terinspirasi dari dirinya.

Syahrini bahkan sempat berkeinginan untuk mematenkan jargonnya tersebut, lho. Sayangnya, kata-kata tersebut tak bisa dipatenkan karena merupakan bahasa sehari-hari.

Permasalahan tersebut ditanggapi oleh pihak Siti Badriah dengan kepala dingin. Yogi RPH, selaku pencipta lagu sedikit menyayangkan tindakan Syahrini tersebut. Meski jargon itu identik dengan Syahrini, tapi dia berujar bahwa saat menciptakan lagu tersebut dia terinspirasi oleh selebgram Mimi Peri yang juga sering mengucapkan jargon tersebut Tak ingin masalah tersebut semakin berlarut-larut, Siti Badriah pun minta maaf jika ada tindakannya yang tidak berkenan di hati Syahrini. (berbagai sumber)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire