Tujuh Unit Rumah di Amaci Ambon Hagus Dilalap Si Jago Merah

BERITABETA.COM, Ambon -  Sebanyak tujuh unit rumah warga, satu diantaranya kos-kosan yang berada di lorong Air Mata Cina (Amaci), kawasan Ponogoro RT 002 RW 02, Kelurahan Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, hangus dilalap si jago merah.

Insiden kebekaran ini belum diketahui  penyebabnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Hanya saja kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

PS Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete S. Luhukay, mengatakan, kebakaran diduga berawal dari rumah keluarga Ikmal Umar.

“Menurut sejumlah saksi, kebakaran berawal dari rumah keluarga Ikmal Umar. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran,” kata Luhukay.

Luhukay mengatakan, berdasarkan pengakuan Vivi Adam, istri Ikmal Umar, mengatakan peristiwa itu diketahui setelah dirinya mendengar teriakan warga.

Saat kebakaran, ibu 45 tahun ini bersama keluarganya sementara tidur di rumah mertua. Jaraknya sekitar kurang lebih 200 meter dari rumahnya yang terbakar.

“Saat mendengar teriakan warga, saksi bergegas menuju kerumahnya dan melihat rumah telah terbakar habis dan meluas ke tetangga lainnya,” kata Luhukay mengutip keterangan Vivi Adam, korban kebakaran rumah.

Vivi mengaku saat meninggalkan rumah, seluruh lampu dipadamkan. Hanya menyisahkan satu unit lampu yang menyala pada bagian teras rumah.

“Selain lampu PLN dipadamkan, kompor dapur juga tidak digunakan pada hari itu. Sehingga saksi merasa tidak membuat kesalahan saat meninggalkan rumah untuk beristirahat bersama keluarga mertua,” jelasnya.