Nurul Toisuta
Nurul Toisuta

BERITABETA.COM, Ambon – Lagu berjudul ‘Aisyah Istri Rasulullah’ berhasil mendapat simpati publik. Lagu ini menguasai trending youtube Indonesia dalam berbagai versi yang dicover beberapa penyanyi. Lagu religi ini laris manis dan jadi perbincangan di dunia maya, setelah sukses dilantun Syakir Daulay dan Nissa Sabyan.

Tanggal 1 April 2020, Mostafa Abo Rawash penyanyi asal Arab juga berhasil mengcovernya dalam versi Bahasa Arab – Indonesia.  Versi Abo Rawash ditonton oleh sebanyak 1.456.042 dan dibagikan sebanyak 769 kali dan tembus 103 rb subscriber.

Setelah sukses dilantun ketiga penyanyi di atas, kini giliran juara 1 Nasional Festival Seni Qasidah (Lasqi) asal Ambon, Nurul Toisuta mengikuti jejak Mostafa Abo Rawash dengan mengcover lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ dalam versi bahasa Arab-Indonesia.

Lagu yang dioperatori oleh Jerry Saptenno di  Ferly Studio, kota  Ambon ini mendapat pujian sejumlah netizen di dunia maya, karena ada kolaborasi dua bahasa, membuat lagu yang dilantunkan Nurul lebih terdengar religi. Meski baru tayang selama 11 jam di akun youtube pribadi Nurul Toisuta, namun sudah ditonton sebanyak 4.120 dan dibagikan sebanyak 435 kali dan mendapat 386 subscriber.

Mengenai lagu berjudul ‘Aisyah Istri Rasulullah’ yang dicover ini, Nurul Toisuta kepada beritabeta.com, Senin (06/04/2020) mengaku, apa yang dilakukan merupakan tindakan spontan, karena memang tidak ada persiapan khusus.

“Jadi memang ide mengcover lagu yang hits ini, bukan murni ide saya. Lagu ini saya cover atas saran beberapa teman musisi lokal yang kebetulan saat ini bersama-sama menjalani latihan lagu-lagu religi yang sementara kita siapkan,” ungkap Nurul kepada beritabeta.com.

Nurul mengaku, saat sedang santai bersama beberapa teman, mereka kemudian meminta dirinya untuk mengcover lagu yang lagi hits itu.

“Kebetulan sekali saya juga mengoleksi beberapa versi lagu ini yang saya donwload untuk saya dengar dan pelajari, makanya permintaan itu langsung saya ambil, dan di-upload ke youtube,” bebernya.

Nurul mengaku senang, ternyata apa yang dilakukan juga mendapat respons yang baik dari netizen, bahkan banyak yang tanya kenapa baru sekarang cover lagu ini dilakukan.

Nona Ambon kelahiran 7 Agustus 1991 ini juga menyampaikan keinginan untuk kedepan akan lebih fokus mengcover lagu dari berbagai genre yang akan di-upload ke akun youtube-nya.

“Insya Allah setelah ada album religi yang sementara digarap, akan ada lagu beberapa jenis lagu yang akan saya cover, minimal ini menjadi bagian tersendiri yang harus saya lakukan setelah sukses di beberapa pentas, juga saya ingin mengambil bagian dengan memanfaatkan teknologi saat ini,” bebernya.

Seperti diketahui, lagu Aisyah Istri Rasullah ini, berhasil dicover Syakir Daulay dan Nissa Sabyan. Syakir mengalahkan Nissa di yang berada di posisi runner up di trending youtube dalam sepekan ini.

Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” pertama kali muncul pada 2017. Band asal Malaysia bernama Projector yang membawakan lagu ini. Namun, versi asli lagu ini sebenarnya berjudul “Aisyah (Satu Dua Tiga Cinta Kamu)”.

Lirik lagu ini memang bercerita tentang seorang perempuan bernama Aisyah. Namun, bukan sosok Aisyah istri Nabi Muhammad SAW.  Lagu “Aisyah” dalam versi religi akhirnya muncul pada Agustus 2017.

YouTuber Malaysia bernama Mr Bie yang mempopulerkannya di akun Vitaminbie. Mr Bie mengemas ulang lagu. Mr Bie mengemas ulang lagu “Aisyah” ini dengan beberapa perubahan.

Perubahan paling mencolok tentu saja ketika liriknya diganti menjadi “Aisyah Istri Rasulullah”. Uniknya, Mr Bie terinspirasi mengcover lagu tersebut karena istrinya secara kebetulan bernama Aisyah.

Pengubahan lirik disesuaikan untuk Indonesia. Ketika akhirnya lagu “Aisyah Istri Rasulullah” mendulang kesuksesan di Indonesia, Mr Bie turut mengapresiasi.

Ia justru berpesan agar lagu tersebut bisa dijadikan bahan pelajaran untuk anak-anak mempelajari sosok Aisyah. Dalam sebuah unggahan di Instagramnya, Mr Bie juga menyatakan bahwa pengubahan lirik di lagu itu disesuaikan untuk Indonesia.

Ia tak ingin lirik lagunya menjadi salah makna. Ada beberapa kata dalam lirik yang ditakutkan salah makna oleh netizen. Oleh sebab itu ia memberikan klarifikasi agar tidak menyalahi hadits dan riwayat nabi (BB-DIO)