BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] menargetkan sebanyak 15 ribu anak usia 6- 11 tahun akan segera divaksin Tahun 2022 ini.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis kepada awak media di Kantor Dinas Kesehatan SBT, Senin (7/01/2022).

Samun mengungkapkan, sejak 31 Januari 2022 lalu, Pemkab SBT sudah mencapai target minimum 70 persen penduduk untuk pembentukan kekebalan kelompok [herd immunity], sehingga saat ini mulai dilakukan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

"Sekarang kita mulai masuk pada vaksin untuk anak 6-11 tahun. Vaksin yang dianjurkan untuk pemberian kepada anak usia 6-11 tahun itu jenis Sinovac, jadi kita sedang permintaan namun belum dikirim dari Provinsi," ungkap Samun Rumakabis.

Kendati demikian, dia mengaku, sebelum vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan, Dinas Kesehatan SBT terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dalam pekan ini.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah," akuinya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit [Kabid P2P] Dinas Kesehatan SBT itu juga membeberkan, saat ini, vaksin booster sudah bisa dilakukan bagi masyarakat di kabupaten berjuluk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Dia menerangkan, masyarakat kategori Lanjut Usia [Lansia] maupun masyarakat yang sudah selesai melakukan vaksinasi dosis 1 maupun 2 sudah bisa mengikuti vaksin booster.

"Sekarang ini untuk Lansia boleh dilakukan, ataupun masyarakat yang setelah 6 bulan dosis ke-2, dia juga boleh melaksanakan vaksin booster atau dosis ke-3," bebernya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi