BERITABETA.COM, Bula — Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Agil Rumakat mengaku siap maju sebagai calon bupati SBT pada Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] serentak 2024.

Rumakat menegaskan, komitmen untuk mencalonkan diri sebagai pucuk pimpinan di kabupaten berjuluk 'Ita Wotu Nusa' pada 2024 mendatang sudah menjadi semangat dirinya sejak awal.

"[Calon bupati] ini menjadi semangat saya jauh sebelum diwacanakan di internal Partai Golkar dan menjadi konsumsi publik," ujar Agil Rumakat kepada beritabeta.com di ruang kerjanya, Rabu (4/01/2021).

Wakil Ketua I DPRD SBT itu membeberkan, keinginan untuk bertarung merebut posisi orang nomor satu di daerah itu juga didukung oleh semua pengurus DPD Partai Golkar SBT yang dicetus secara resmi pada momentum pelantikan kepengurusan Partai Golkar SBT yang dilakukan di Kota Geser beberapa waktu lalu.

Bahkan kata dia, pada rapat Koordinasi dan rapat pimpinan DPD II  se-Provinsi Maluku yang dilakukan oleh DPD I Partai Golkar Maluku beberapa waktu lalu di Kota Ambon telah menyepakati beberapa poin, termasuk pengusulan kader-kader Golkar di Pilkada serentak 2024.

"Untuk SBT sudah dikunci, hanya saya selaku ketua DPD yang diputuskan untuk dicalonkan oleh Golkar pada Pilkada SBT. Kalau kemudian ini menjadi konsumsi publik, itu sesungguhnya mengulangi saja apa yang sudah disepakati di DPD I dan menjadi sesuatu yang saya benarkan bahwa sikap politik saya dan dukungan politik dari Partai Golkar sudah seperti begitu. Saya Insha Allah siap untuk memegang amanah tersebut," bebernya.

Ketua Ikatan Alumni Unpatti [Ikapatti] Cabang SBT itu mengungkapkan, untuk menghadapi egenda Politik 2024, baik Pilkada, Pemilihan Legeslatif [Pileg] dan Pemilihan Presiden [Pilpres]. Saat ini pihaknya bersama pengurus telah melakukan upaya konsulidasi dan koordinasi di berbagai tempat.

Sementara pada konsulidasi internal, Anggota DPRD SBT empat periode itu mengaku sudah membentuk kepengurusan pada lima belas kecamatan di kabupaten penghasil minyak bumi itu. Sehingga dalam waktu dekat akan diselenggarakan pelantikan kepengurusan.

"Langkah konkrit dalam waktu singkat adalah kami akan segera memfinalisasi seluruh kepengurusan di tingkat desa dan dusun. Insha Allah dibawa kepemimpinan saya, Golkar SBT akan kembali berjaya seperti tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi